Liverpool Vs MU: Duel Klasik di Tengah Kondisi Pasang Surut

Liverpool vs Manchester United
Sumber :
  • Reuters/Carl Recine
VIVA.co.id
Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA
– Duel rivalitas klasik akan tersaji pada pekan ke-22 Premier League dengan mempertemukan Liverpool kontra Manchester United. Laga yang dihelat pada Minggu 17 Januari 2016 tersebut akan menjadi pembuktian dua tim yang tengah mengalami pasang surut.

Klopp Siap Beri Bantuan untuk Arne Slot Jika Latih Liverpool

Liverpool yang menjamu MU di Anfield baru saja ditahan imbang 3-3 oleh Arsenal, ini menjadi hasil imbang kedua mereka secara beruntun. Atau kali kegagalan dalam meraih kemenangan dalam lima laga terakhir dalam semua ajang.
Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp


Naik turun performa itu juga yang membuat mereka berada di posisi sembilan pada klasemen sementara Premier League dengan 31 poin. Hal yang sama juga terjadi pada MU, mereka baru saja dipaksa bermain imbang 3-3 oleh Newcastle United.

Setan Merah hanya mampu menang dua kali dalam lima laga terakhirnya di semua ajang. Kini, tim asuhan Louis van Gaal tersebut menempati peringkat keenam dengan koleksi 34 poin atau kalah sembilan angka dari Arsenal yang berada di peringkat satu.


Tentunya, persaingan dalam merebutkan poin sempurna akan semakin memanaskan tensi kedua rival bebuyutan ini. Selain bakal mendongkrak posisi tim, kemenangan pun akan membuat harga diri klub dan fans terjaga.


Sama-sama Optimistis


Walau tak sedang dalam kondisi yang cukup baik, Chris Smalling meyakini MU bisa mempermalukan Liverpool di hadapan publiknya sendiri. Ini berdasarkan empat pertemuan terakhir MU dengan The Reds yang selalu meraih poin sempurna.


"Saya rasa belakangan ini kami mampu meraih hasil yang sangat bagus lawan mereka. Jelasnya tahun ini di Old Trafford dan musim lalu kami mendapatkan hasil yang sangat bagus. Jadi kami sangat percaya diri bertandang ke sana dan memberikan mereka kesulitan," kata Smalling, di situs resmi MU.


Sementara itu, gelandang serang The Reds, Roberto Firmino, menyarankan agar timnya mengandalkan serangan guna mencari kemenangan. Firmino ingin tim asuhan Juergen Klopp itu menerapkan gaya permainan sama seperti saat bermain imbang 3-3 dengan Arsenal.


 Dalam laga tersebut, Liverpool sukses menyamakan keadaan usai tertinggal lebih dulu. Bahkan, bek The Gunners mengaku menderita dalam 10 menit terakhir hingga Liverpool sukses menyamakan kedudukan di menit 90.


"Manchester United merupakan tim besar dan saya tahu seberapa besar laga derby ini di sini. Kami harus 100 persen fokus. Jika kami bermain bagus di lini depan (seperti lawan Arsenal) melawan mereka, kami mempunyai kesempatan untuk memenangi laga pada Minggu,” katanya.


"Saya berharap bisa bermain seperti itu melawan semua tim, tak cuma tim besar," sambung Firmino, dilansir situs resmi Liverpool.



Fakta Menarik

Bila meniliki pertemuan kedua tim, MU memang berada dalam posisi menguntungkan dengan menang enam dari delapan pertemuan terakhir di Premier League. MU juga sukses menang dua kali, seri dan kalah sekali kala bermain di Anfield dalam empat pertemuan terakhir.


Berikut fakta-fakta menarik dari kedua tim:

1. Gelandang MU, Juan Mata, sukses mencetak tiga gol dan empat Assist dari enam pertandingan terakhir kontra Liverpool


2. Pertemuan kedua tim selalu berlangsung panas, tak heran bila menghasilkan 16 Kartu merah semenjak era Premier League digelar.  Laga keduanya jug menghasilkan 18 penalti semenjak tahun 1992.


3. Pelatih MU, Louis van Gaal, punya rekor pertemuan yang baik saat melawan Juregen Klopp. Di mana, terakhir Van Gaal bersama Bayern Munich sukses menaklukkan Borussia Dortmund di bawah asuhan Klopp dengan skor 5-1 di Signal Iduna Park.


4. Manchester United merupakan tim yang paling sering mengalahkan Liverpool di kandang, dengan total  11 kekalahan yang diderita.


5. Jika Wayne Rooney mencetak gol pada laga ini, maka ia resmi mencetak 4 gol secara beruntun. Terakhir kali, Rooney mencetak 4 gol beruntun terjadi pada bulan Maret 2012

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya