Trik Redam Si Kecil Konsumsi Makanan Manis

Ilustrasi permen.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Di zaman ini, anak-anak memiliki kehidupan sosial yang jauh lebih sibuk daripada orang dewasa. Mereka lebih sering menerima undangan pesta ulang tahun dan bahkan festival untuk acara sekolah.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Karena sibuknya hadir di acara pesta, tanpa sadar, mereka pun lebih sering mengonsumsi makanan manis yang dihidangkan di acara itu.

Dari kue tart, kue kering, es krim, es loli disajikan di berbagai acara dan pesta ulang tahun yang anak-anak datangi. Bahkan di acara itu, disediakan pula permen dengan aneka rasa.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Seperti diketahui, gula bukan makanan yang baik untuk kesehatan rongga mulut anak. Gula, sangat buruk bagi gigi anak, metabolisme, konsentrasi, pemeliharaan berat badan, tingkat energi dan kebugaran anak bisa ikut terganggu.

Jadi, bagaimana sikap orangtua untuk meredam si keci konsumsi makanan manis? Berikut triknya dari Pooja Makhija, Konsultan Ahli Gizi Klinik & Ahli Diet seperti dilansir Times of India.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Beri Pengetahuan Bahaya Gula

Alih-alih menyatakan permen buruk, lebih baik beritahu mereka, mengapa makanan manis berbahaya. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, maka tak ada salahnya memberitahu mereka tentang bahaya konsumsi  gula berlebih. Cara memberitahunya bisa menggunakan internet atau menjelaskannya melalui video singkat.

Sediakan Makanan Sehat

Membiasakan anak untuk mengkonsumsi makanan sehat, akan menjadi pelajaran yang baik untuk membentuk kebiasaan makan. Untuk itu, biasakan si kecil untuk diberi hadiah bukan dalam bentuk permen atau makanan manis lainnya. Sediakan mereka hidangan penutup yang sehat. Bisa berupa puding buah atau es buah.

Kreasikan Makanan

Anda tidak selalu harus mengambil sesuatu yang manis untuk membujuk anak agar mau konsumsi makanan sehat. Bisa saja dimulai dengan menawarkan si kecil makanan ringan dan hangat seperti samosa panggang, kentang goreng, atau bahkan sandwich pangang sehat. Bisa juga kreasikan makanan dalam bentuk yang menyenangkan, warna yang cerah, yang bisa membuat anak penasaran untuk mencicipi.

Sebelum ke Pesta Minum Susu

Segelas susu bisa mengisi perut si kecil sebelum mereka hadir di pesta pukul 16:00. Trik ini bekerja sangat baik mencegah si kecil tergoda makanan manis. Bahkan trik ini juga ampiuh untuk orang dewasa yang tengah menjaga berat badan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya