Manfaat Seni Merangkai Ikebana untuk Relaksasi Tubuh

Ikebana.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Ikebana merupakan seni merangkai bunga dari Jepang yang telah ada sejak ratusan tahun lalu. Kegiatan tersebut lebih tepatnya adalah seni yang mengatur potongan batang, daun, dan bunga di vas dan wadah lainnya. 

Mengenal Ikebana, Seni Merangkai Bunga dari Jepang

Untuk merangkai batang dan bunga sesuai keinginan, dibutuhkan ketrampilan untuk mengikat dan memposisikan dalam berbagai cara. Teknik khusus tersebut biasanya dipelajari dalam kelas khusus untuk belajar Ikebana. Biasanya dibutuhkan waktu tiga sampai lima tahun untuk memperoleh keterampilan teknis yang baik.

Di balik setiap rangkaian Ikebana yang ditunjukkan melalui kombinasi warna, bentuk, dan garis akan menyiratkan makna yang ingin diungkapkan oleh perangkainya. Bahkan hal tersebut juga dinilai mampu membuat para perangkainya relaksasi.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

"Seni merangkai Ikebana tak sekadar merangkai bunga tapi seni ini mampu merelaksasi diri dan menyegarkan otak. Meski harus fokus dengan penataan tapi mereka memiliki kesenangan tersendiri saat melakukan hal tersebut," ujar  ujar Ketua Perkumpulan Perangkai Ikenobo Indonesia Tati Tusin kepada VIVA.co.id dikawasan Jakarta Pusat, Kamis, 22 September 2016.

Tati menambahkan bahwa seni ini juga mampu menyeimbangkan kebutuhan tubuh. Di mana bila seseorang sedang merasa jenuh kemudian melakukan Ikebana tentunya dia akan merasa baik-baik saja.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR
Koleksi Rinaldy A. Yunardi

Pesona Buket Bunga dalam Gaya Minimalis Ikebana

Sebanyak 20 koleksi ditampilkan Rinaldy A. Yunardi.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2016