Tips Belanja Aman dan Nyaman Lewat Online

Ilustrasi baju
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Berkembangnya dunia teknologi kian memberi kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya adalah kemudahan dalam berbelanja kebutuhan pribadi. Cukup menggunakan ujung jari, masyarakat kini tidak perlu repot lagi berbelanja langsung.

BPOM Serukan Situs Belanja Online Ikut Setop Penjualan Kosmetik Ilegal

Tidak heran jika kini banyak bermunculan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, terkadang tidak sedikit dari masyarakat yang berbelanja online merasa tidak puas dengan barang yang dipilihnya entah karena barang yang dipesan dengan barang yang diterima tidak sesuai.

Untuk mencegah hal itu, Marketing Brand Manager Shopee, Rezky Yanuar saat dikonfirmasi VIVA pun memberikan beberapa tips dan trik berbelanja aman melalui aplikasi online.

Ramadan Tiba, Perhatikan 4 Tips Ini Sebelum Memilih Mukena

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah antara pembeli dan penjual terbuka satu sama lain. Jadi ketika berbelanja perhatikan ketika berbelanja pastikan harganya sesuai barangnya.

"Pastikan deskripsinya," kata dia saat ditemui di SCBD Jakarta Pusat, Selasa 15 Mei 2018.

Tips Tak Terjebak Promo Ramadan Saat Belanja Online

Langkah selanjutnya, kata dia ketika sudah melakukan pembelanjaan pastikan yang memilih pembayaran yang sudah sesuai.

"Kalau memang nyamannya dengan bayar di toko retail ya begitu. Atau transfer bank itu yang berpengaruh," terangnya

Tidak sampai di situ, para buryer pun disarankan untuk memperhatikan letak seller-nya dimana.

Ilustrasi belanja online.

"Jadi kalau misalnya sellernya dimana berharap enggak sampai ternyata tinggalnya di Surabaya jadi liat di situ. Semua tergantung pilihan costumer harga murah tapi jauh, atau lebih dekat tapi mahal," ungkapnya.

Langkah keempat adalah memperhatikan review buyer-nya. Dia pun menjelaskan bahwa pihaknya juga memberikan garansi seperti pembatalan dari pihaknya, komplimen akibat kerusakan yang terjadi saat diterima ke tangan para buyer.

"Ketika barang belum sampai penjual enggak akan dibayar dulu. Estimasi 3 hari, kalau enggak sampai-sampai bisa dibatalin. Barang sampai kerusakan atau complain siap dengan costumer service bantu. Prefentif dari sisi ekosistem," paparnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya