Logo ABC

Operasi Plastik Payudara Berbiaya Murah di Australia Banyak Menimbulkan Masalah

Iklan operasi pembesaran payudara oleh klinik TCI yang sekarang berubah nama menjadi Cosmetic Evolution.
Iklan operasi pembesaran payudara oleh klinik TCI yang sekarang berubah nama menjadi Cosmetic Evolution.
Sumber :
  • abc

Di Australia, beberapa klinik kesehatan telah menawarkan operasi pembesaran payudara bagi para perempuan yang mendapat tunjangan sosial, di mana operasi dilakukan oleh dokter yang bukan ahli bedah plastik.

Sebuah klinik bernama The Cosmetic Institute (TCI) menawarkan operasi dengan harga AU$ 5,999 (sekitar Rp60 juta), padahal biasanya operasi semacam ini yang dilakukan oleh ahli bedah plastik memakan biaya antara AU$10-13 ribu.

Di Sydney, klinik terbesar TCI berada di daerah strategis Bondi Junction, di sebelah kantor layanan sosial Centrelink.

Dan menurut Nicole Montgomery, mantan manajer unit perawatan di klinik tersebut kepada program Four Corners ABC bahwa "besar kemungkinan" satu dari lima pasien di klinik pembesaran payudara adalah mereka yang mendapat tunjangan sosial lewat Centrelink.

Nicole mengkritik strategi pemasaran yang dilakukan klinik tersebut yang disebutnya "mencari sasaran mereka yang sudah bercerai, mereka yang lajang, dan mereka yang memiliki status sosial ekonomi rendah."

Mantan manajer operasional TCI Alfie Lombardi mengatakan model bisnis adalah "pasien dalam jumlah banyak dan dilakukan dengan biaya rendah."

"Seluruh sistem dibuat untuk mencari keuntungan. Pada dasarnya ini adalah pabrik payudara." katanya.