3 Permasalahan Kulit yang Mengintai Wanita

Ilustrasi kecantikan
Sumber :
  • Pixabay/jura-photography

VIVA – Tak dimungkiri, masalah kulit wajah selalu mengintai kaum hawa. Apalagi, suhu di Indonesia yang cenderung panas dan lembap, membuat permasalahan kulit rentan mengintai.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Dikatakan owner Noryuki Clinik Galaxy, dr. Sally Fedrini, MARS, terdapat tiga permasalahan kulit yang paling sering dikeluhkan wanita di Indonesia yaitu flek hitam, jerawat, dan kerutan di wajah. Selain disebabkan oleh polusi dan suhu panas di Indonesia, pola kebersihan yang dijalani juga berpengaruh sangat kuat.

"Hygiene sangat berpengaruh dan memicu jerawat. Pada mereka yang jarang mencuci muka atau memakai make-up yang tidak bersih, membuat tiga masalah itu rentan terjadi," ujar Sally ditemui di Bekasi, Mingg,u 2 September 2018.

Olla Ramlan Tegaskan Unggahan Minta Tolong di Instagram Berasal dari Hati Terdalam

Dokter Sally menegaskan, untuk membersihkan make-up, tak cukup hanya dengan sabun atau bahkan hanya air saja. Disarankan menggunakan pembersih khusus riasan terlebih dahulu agar make-up benar-benar hilang.

"Jangan hanya cuci muka pakai air. Baiknya pakai make-up remover dulu. Kemudian cleansing lalu dengan sabun untuk angkat minyak dan kotoran yang menempel," ujarnya.

7 Alasan Skincare dari Korea Selatan Diminati di Indonesia

Mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur juga sangat disarankan untuk membuat kulit lebih sehat. Sebab, keduanya mampu membuat peredaran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh dan mencegah kerusakan kulit secara dini, khususnya pada wajah.

"Pakai sunblock dan pelembap juga bisa sebagai proteksi apalagi dengan cuaca panas di Indonesia."


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya