Musim Diskon, Begini Caranya Jadi Smart Shopper Anti Boros

Ilustrasi diskon atau sale
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA – Bahaya banget kalau kamu ke pusat perbelanjaan pada tengah hingga akhir Agustus 2019. Pasalnya, untuk merayakan HUT kemerdekaan RI banyak brand memberikan potongan harga alias diskon. Kalau enggak menahan diri, bisa-bisa keuangan bobol.

Diskon Sepeda Motor Honda Mencapai Rp5 Jutaan

Memang sih, sudah naluri terutama perempuan saat berbelanja mengutamakan barang-barang dengan harga miring alias diskon. Dengan harga diskon, kamu bisa mendapat barang-barang incaran dengan harga lebih murah.

Tapi jika tidak bisa mengendalikan diri dan tanpa perencanaan matang, kita malah berpotensi membeli lebih banyak karena tergoda harganya yang lebih murah. Padahal, belum tentu barang yang dibeli tersebut diperlukan.

'Lebaran ke Jakarta', Garuda-Citilink Diskon Tiket 75 Persen

Alhasil bukannya hemat kita malah jadi boros. Jadi, harus bagaimana dong dalam menghadapi diskon?

Perencana keuangan, Rista Zwestika mengatakan, sebelum berburu barang diskon, pilah dulu barang mana yang dibutuhkan untuk dibeli, serta barang mana yang sekadar diinginkan.

Tambah Daya Listrik PLN saat Ramadhan Cuma Rp 202.403, Simak Caranya!

"Diskon itu seperti dua sisi mata pisau, bisa menguntungkan atau malah boros. Balik lagi kita, khususnya ibu rumah tangga sebagai manager keuangan harus pandai mengatur keuangan. Kalau ada diskon tentukan mana barang yang wajib, barang yang dibutuhkan atau barang yang diinginkan," kata dia dalam acara GOSIP di Wyls Kitchen Kebayoran Jakarta Selatan, Rabu 21 Agustus 2019.

Dia melanjutkan, klasifikasi barang wajib itu merupakan barang yang wajib dimiliki saat itu juga. Selain itu, barang itu juga memiliki urgensi yang besar saat itu juga.

"Kalau ada diskon lihat ini wajib atau malah keinginan. Wajib dimiliki saat itu juga, urgent atau enggak. Kalau itu barang kewajiban yang harus dipenuhi saat itu juga, maka penuhi saat itu juga," lanjut dia.

Hal ini berkebalikan jika kamu melihat barang yang diinginkan tapi tidak memiliki urgensi apa pun. Tetapi kamu tetap ingin membelinya, hati-hati, bisa jadi itu membuat kantong jebol.

"Kalau keinginan dimasukkan ke dalam kebutuhan wajib tanpa ada urgensi apa-apa ini buat kantong jebol," kata dia.

Jadi sebelum kalap diskon, sebaiknya kamu ingat tips di atas, ya. Happy shoping!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya