Pesan Zozibini Tunzi saat Terpilih Miss Universe: Hitam Itu Cantik

MIss Universe 2019 Zozibini Tunzi
Sumber :
  • Instagram @missuniverse

VIVA – Zozibini Tunzi berhasil dinobatkan sebagai Miss Universe 2019. Wakil dari Afrika Selatan ini berhasil mengungguli kontestan lainnya dari lebih 80 negara dalam kontes kecantikan yang diadakan di Atlanta, Amerika Serikat waktu setempat. 

Miss Universe Zozibini Tunzi Heran Gatot Kaca di Kota Tua Melayang

Saat terpilih menjadi Miss Afrika Selatan, Tunzi mengatakan bahwa dia akan menggunakan suara dan platformnya sebaik mungkin. Dalam beberapa kesempatan ia juga kerap berbicara berbicara mengenai kekerasan berbasis gender hingga stereotip. Berikut adalah lima kutipan dari ratu sejagat yang baru saja dinobatkan:

Kecantikan

VIDEO: Frederika Alexis Berbagi Pengalaman Ikut Miss Universe 2019

"Pelajaran paling penting yang saya pelajari adalah bahwa wanita tidak satu dimensi dan karena itu Anda tidak bisa mengutak-atik kecantikan mereka. Kita semua datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna, dengan rambut dan tenun alami. ”

Hitam itu Cantik

Bagaimana Pengalaman Perempuan Berkulit Hitam di Kontes Kecantikan

“Saya melihat kesempatan untuk mendidik dan berbicara tentang masalah serius. Ketika orang mengatakan hal-hal negatif yang menyakitkan tentang perempuan kulit hitam dan orang kulit hitam pada umumnya, saya tidak cepat tersinggung dan inilah alasannya. Masyarakat sebelumnya telah diprogram sedemikian rupa sehingga tidak ada yang indah tentang menjadi orang kulit hitam. ”

Definisi Kecantikan

“Saya tidak pernah meng-Google diri sendiri atau melihat komentar media sosial untuk memvalidasi saya. Saya tahu bahwa saya cantik.  Keindahan itu dari dalam dan tidak semua orang memiliki ide yang sama tentang apa itu cantik.”

Femisida di Afrika Selatan

“Kami sama sekali tidak punya alasan untuk tetap tersenyum, karena wanita Afrika Selatan sekarat setiap hari dan kebanyakan orang tidak melakukan apa-apa tentang hal itu.  Ini bukan tanggung jawab kita, ini urusan pelaku untuk mulai melakukan hal benar. "

Berhenti membunuh perempuan

“Seseorang bertanya kepada saya dalam sebuah wawancara beberapa hari yang lalu apakah Women's Month sukses tahun ini.  Dan saya berpikir, bagaimana caranya?  Sementara kita sedang sekarat karena menjadi perempuan.  Sejauh yang saya ketahui, perempuan di negara saya adalah ‘spesies’ yang terancam punah. Berhentilah membunuh kita!”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya