Menguak Fakta Soal Rambut Rontok yang Banyak Dikeluhkan Wanita

Ilustrasi rambut.
Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rambut tipis dan sulit diatur terkadang membuat para wanita menjadi kurang percaya diri, sering merasa malu, dan menutup rambutnya dengan topi atau aksesoris rambut. 

Demi tampil maksimal untuk mendapatkan rambut tebal dan kuat impiannya, seringkali para wanita meluangkan lebih banyak waktu seperti pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan rambut agar terlihat lebih tebal.

Tak cuma itu, yang lebih bahayanya lagi, banyak perempuan yang lalu menjadi khawatir dan memutuskan untuk mengurangi frekuensi keramas dan berharap itu akan juga mengurangi kerontokan rambut. Padahal solusi untuk rambut rontok bukannya berhenti membersihkan rambut tapi merawatnya agar tidak rontok saat keramas.

Solusi terbaik untuk rambut rontok adalah dengan menutrisinya agar kuat dan sehat. Dikutip dari laman Pantene, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang cara mengatasi rambut rontok. Berikut tipsnya dan fakta-fakta terkait rambut rontok.

Rambut Rapuh
Rambut rontok saat keramas biasanya disebabkan karena rambut tersebut sudah lemah dan rapuh terlebih dahulu karena berbagai hal (faktor lingkungan dan faktor personal). Berikut adalah beberapa tips untuk menanggulangi kerusakan rambut yang kita alami setiap hari.

Berhenti Bersihkan Rambut
Reaksi umum saat mendapati rambut rontok saat keramas adalah dengan mengurangi frekuensi keramas. Padahal keramas itu penting untuk kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala. Justru dengan mengurangi frekuensi keramas, akan semakin banyak rambut yang rontok. Ini alasannya:
1. Saat rambut tidak dicuci, semua sebum, sel kulit mati, kotoran, dan tumpukan residu produk akan membuat rambut menjadi kusam dan membebani rambut, berujung pada lebih banyak lagi rambut rontok.
2. Saat rambut tidak dicuci, hal itu akan membuat lingkungan yang ideal bagi ketombe untuk muncul, yang menyebabkan kamu akan menggaruk-garuk kepala karena gatal. Dan hal itu tidak sehat untuk rambut dan kulit kepala apalagi kalau kamu sedang mengalami masalah rambut rontok. Di kasus-kasus ekstrim, ketombe bahkan bisa menyebabkan rambut rontok.

Keramas dengan shampo yang baik adalah cara utama menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dari sel kulit mati, minyak, sebum, dan kotoran-kotoran yang bisa menyebabkan ketombe dan masalah rambut lainnya. Gunakan shampo yang tepat untuk melawan gejala rambut rontok. Pilih yang bisa menebalkan dan menguatkan rambut atau yang membantu memberikan volume untuk rambut yang menipis. Shampo anti-rontok biasanya sudah meliputi semuanya.