12 Manfaat Minyak Lavandin, Baik untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Lavandin.
Sumber :
  • Instagram @lavandin.provenceid

VIVA – Berbagai bahan alami sering dijadikan bahan utama pembuatan produk kesehatan dan kecantikan. Salah satu yang mungkin belum banyak diketahui orang Indonesia adalah lavandin. Padahal tanaman satu ini sudah banyak digunakan di dunia, terutama Prancis.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Lavandin sendiri adalah tanaman hibrida yang dikembangkan pada tahun 1900 dan merupakan hasil persilangan lavender murni (Lavandula angustifolia) dengan spike lavender atau aspic (Lavandula latifolia). Ukurannya lebih besar dari lavender dengan batang berkayu dan bunga berwarna biru atau abu-abu.

Tanaman ini ditanam secara luas di Prancis dan menjadi salah satu bahan yang disukai oleh industri parfum karena minyak dan bunganya. Persilangan tanaman lavender dengan spike lavender sendiri terjadi secara alami yang disebabkan oleh serangga yang mencari makan, terutama lebah, berpindah dari bunga ke bunga mengangkut serbuk sari dari satu spesies ke spesies lain.

Ini Tips Menangani Stress untuk Ibu Muda dari Nagita Slavina

Fenomena ini diverifikasi pada tahun 1927 di laboratorium Chiris Company di Grasse, Prancis. Serbuk sari buatan aspic oleh serbuk sari lavender memungkinkan produksi enam biji, yang ketika ditanam, menghasilkan dua individu yang diidentifikasi sebagai lavandin.

Lavandin.

Photo :
  • Instagram @lavandin.provenceid
Cerita Vivi Tantri Sukses Bangun Bisnis Essential Oil, Dapat Inspirasi Saat Kerja di Pabrik Sabun

Menurut dr. Rininta Christabella, co founder Lavandin Provence Indonesia, lavandin digemari karena aman untuk ibu hamil, menyusui bahkan aman untuk bayi.

“Lavandin itu 100 persen tak ada alkoholnya, jadi aman untuk ibu hamil, menyusui atau bayi. Kalau lavender biasanya untuk mengeluarkan baunya kita harus campur dengan sedikit alkohol,” ucapnya dalam keterangannya, Minggu, 2 Januari 2022.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa lavandin essential oil atau minyak esensial lavandin tidak hanya bisa digunakan untuk relaksasi, tapi juga memiliki manfaat terapiotik, yaitu anti inflamasi dan masih banyak lagi.

Berikut ini deretan manfaat luar biasa minyak lavandin, seperti dipaparkan oleh dokter Bella.

Manfaat minyak lavandin

1. Pijat spa

Kamu bisa melakukannya dengan mencampurkan satu cangkir garam epsom dan empat tetes minyak lavandin. Minyak lavandin tak hanya membantu mengatasi stres, namun juga nyeri otot.

2. Menenangkan pikiran

Ada berbagai cara menggunakan minyak lavandin untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Untuk menenangkan otak dan emosi, gosokkan beberapa tetes di telapak tangan yang ditangkupkan, lalu dekatkan ke wajah.

3. Tidur lebih nyaman

Menghirup essential oil lavandin akan membantu tidur lebih nyenyak. Kamu bahkan dapat mengoleskan sedikit minyak Lavandin di bantal untuk membantu tidur lebih tenang.

4. Atasi mual

Salah satu kegunaan minyak lavandin yang paling umum adalah untuk meredakan gejala mual. Caranya, cukup teteskan minyak Lavandin di ujung lidah, di belakang telinga atau di sekitar pusar.

5. Obati gigitan serangga

Teteskan minyak lavandin di bekas gigitan serangga atau lebah. Ini akan membantu menghentikan rasa gatal dan mengurangi pembengkakan.

Lavandin.

Photo :
  • Instagram @lavandin.provenceid

6. Obati luka bakar kecil

Cukup oleskan beberapa tetes minyak pada luka bakar ringan. Ini akan mengurangi rasa sakit dan mencegah kemerahan, pembengkakan atau tanda luka bakar lainnya.

7. Redakan stres

Selama 20 menit, duduklah di bak mandi air hangat yang telah dicampurkan segenggam garam epsom, 10 tetes minyak lavandin dan setengah cangkir soda kue. Kombinasi itu dapat dijadikan detoks, menurunkan hormon yang berhubungan dengan stres, menyeimbangkan tingkat ph kulit dan membantu memperbaiki kualitas tidur.

8. Redakan mimisan

Jika Anda perlu menghentikan mimisan, teteskan minyak lavandin pada tisu, lalu bungkus di sekitar kepingan es kecil dan dorong dari tengah bibir atas ke pangkal hidung.

9. Atasi jerawat

Minyak lavandin sangat baik untuk mengatasi masalah kulit karena mengandung mineral, vitamin dan antioksidan.

10. Cegah penuaan

Minyak lavandin kaya akan antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan. Antioksidan juga mengurangi munculnya gejala penuaan.

11. Redakan batuk dan masalah pernapasan

Minyak lavandin juga dapat membantu menghilangkan endapan lendir di paru-paru dan meredakan masalah pernapasan.

12. Pudarkan luka 

Minyak ini juga ampuh untuk menghilangkan luka dan memudarkan selulit dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan membantu regenerasi sel.

Sebagai informasi, minyak lavandin buatan Prancis, yakni Lavandin Provence Indonesia kini telah tersedia di Tanah Air dengan harga Rp160 ribu untuk kemasan 10 mililiter dan 385 ribu untuk kemasan 50 mililiter. Di mana produk ini dibuat langsung di pabriknya yang berlokasi di Provence, Prancis Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya