Viral, Ramai-ramai Influencer Rusia Gunting Tas Chanel

DJ Katya Guseva
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Sekelompok influencer Rusia turun ke media sosial untuk menyerukan protes atas munculnya Russophobia dalam dunia mode mewah, memposisikan sanksi ekonomi yang dilakukan oleh Eropa sebagai bukti viktimisasi mereka sendiri dalam invasi Putin ke Ukraina.

Sahabat Dekat, Putin Cemas Kondisi Presiden Iran Ebrahim Raisi Usai Helikopternya Jatuh

Minggu ini, Anna Kalashnikova, seorang penyanyi dan aktris dengan 2,4 juta pengikut di Instagram, memposting tentang pengalamannya sendiri soal "diskriminasi", ketika dia masuk ke toko Chanel di Dubai, menemukan bahwa merek tersebut tidak lagi menjual tasnya kepada orang Rusia. 

Begitu pula DJ Katya Guseva, presenter TV Marina Ermoshkina, dan model Victoria Bonya, yang telah memberikan isyarat simbolis ke rumah mode Prancis dengan memotong tas mereka dengan gunting dapur dan gunting taman.

Helikopter Jatuh yang Ditumpangi Presiden Iran Angkut 9 Orang, Rusia Ikut Bantu Pencarian

DJ Katya Guseva

Photo :
  • Instagram

“Saya harus mengatakan bahwa Chanel tidak menghormati kliennya, jadi mengapa kita harus menghormati Chanel?” Bonya berkata kepada 9,3 juta pengikutnya, berdiri di balkon yang disinari matahari sebelum mengiris dompet kulit hitam menjadi dua dan melemparkannya keluar dari frame. 

10 Orang Termasuk Wanita Hamil Tewas dalam Serangan Rusia di Wilayah Kharkiv, Ukraina

Dikutip laman Dazed Digital, banyak dari retorika ini telah ditirukan oleh Putin sendiri, dengan mengklaim bahwa hukuman telah diberlakukan terlepas dari perang di Ukraina.

Dugaan menghasut semacam itu telah dicerminkan kembali oleh orang-orang seperti Kalashnikova, yang mengatakan tindakan Chanel "mendukung fasisme" dan Elvina Borovkova, bintang media sosial berusia 24 tahun, yang mengatakan tidak mungkin tentara Rusia "memperkosa Ukraina". Karena "wanita Rusia adalah wanita tercantik di dunia". “Apakah Anda benar-benar berpikir mereka membutuhkan wanita Ukraina? Menakutkan bahkan untuk menyentuh mereka, penuh dengan penyakit kelamin,” katanya dalam video yang sekarang viral.

Victoria Bonya

Photo :
  • Instagram

Sebagai perusahaan Prancis, Chanel telah setuju untuk mematuhi larangan ekspor barang-barang mewah Uni Eropa. Tetapi selain menutup butik Rusia dan mematuhi undang-undang sanksi perdagangan yang diatur oleh UE, Chanel juga merupakan salah satu dari banyak merek mewah yang telah menyaring pembeli, dengan beberapa pelanggan melaporkan bahwa mereka telah diminta untuk menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa mereka tidak akan mengambil barang-barang mereka untuk pembelian ke Rusia. Mengingat kekejaman yang terus dilakukan Kremlin terhadap warga Ukraina, “protes” dan “kesengsaraan” dari para influencer ini terdengar tidak sesuai.

Tindakan semacam ini telah digunakan sebagai protes sebelumnya, seperti ketika orang melepas Swoosh dari pakaian Nike mereka dan menghancurkan sepatu kets sebagai reaksi terhadap kampanye Nike Colin Kaepernick. Seperti yang dicatat oleh jurnalis Tim Blanks, orang-orang ini tampaknya “terlalu sibuk memotong-motong tas tangannya untuk memprotes pembantaian pria, wanita, dan anak-anak yang tidak bersalah di Ukraina. Para Putinista (sebutan untuk penggemar Putin), baik di Rusia maupun di Barat, yang mengeluarkan kemarahan palsu mereka dari puncak hak istimewa mereka, benar-benar contoh hal yang paling mengerikan.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya