Jakarta Fashion Trend Tampilkan Kecantikan Batik Minang Dipadu Bordir Koto Gadang

Vielga X Batik Minang.
Sumber :
  • Instagram @roemah_kebaya_vielga.

VIVA Lifestyle – Vielga Weninda menjadi salah satu desainer yang tampil dalam fashion parade Jakarta Fashion Trend 2023. Vielga menjadi salah satu dari 12 desainer tanah air yang tampil dalam ajang tersebut. 

Terpopuler: Tanda Kiamat Menurut Gus Baha, Kebaya Mahalini Jadi Sorotan

Untuk desain kali ini, Vielga yang biasanya identik dengan Roemah Kebaya Vielga, berkolaborasi dengan Batik Minang yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat, meluncurkan koleksi outer dan inner perpaduan Batik Minang dengan Bordir Koto Gadang. Yuk, scroll untuk mengetahui koleksinya.

Perwakilan Roemah Kebaya Vielga, mengungkap alasan pihaknya mengusung batik Minang lantaran ingin memperkenalkan kembali dan melestarikan Batik Minang yang sempat hilang.

Kebaya Mahalini di Acara Adat Mepamit Jadi Sorotan, Bordir Punggungnya Bikin Salfok Cantik Banget

Batik khas Minang, corak Sampan Minang

Photo :
  • Antara/ Iggoy el Fitra

“Semoga niat mengembalikan kejayaan Batik Minang terwujud,” kata Vielga Weninda saat ditemui di Soehanna Hall SCBD, Rabu 11 Januari 2023.  

Heboh Member Day6 Pakai Batik Hingga Jaket Almamater ITB di Acara Album Fan Sign

Selain itu, alasan lain di balik kolaborasi ini lantaran pihaknya ingin memperkenalkan desain batik Minang yang unik. 

“Batik Minang itu desain dan warnanya klasik, dan memiliki perbedaan dengan batik lainnya di Indonesia. Corak batiknya khas seolah mampu mengembalikan kita pada masa lalu yang damai. Ada corak keluk paku, bunga manggis,“ kata dia.

Menurut Vielga, batik Minang juga memiliki ciri khas unik yaitu adanya bordir manual yang terinspirasi dari bordir khas Koto Gadang Bukittinggi, yang identik dengan desain bunga-bunga, dengan teknik bordir yang dipakai yang dikenal dengan nama teknik Suji Caia, sehingga membuat tampilan desain ini semakin cantik, elegan, dan klasik.

Dalam fashion show kali ini, Vielga Weninda memperkenalkan koleksi outer dan inner. Desain dan potongan pada outer yang ditampilkan, memberikan kesan semi formal dan bisa juga dipakai untuk acara formal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya