Lima Tips Penting Sebelum Mencukur Bulu Wajah

Ilustrasi wanita bercermin
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Daun Cabai Mampu Atasi Masalah Kulit
- Memiliki kulit wajah mulus tanpa bulu yang tumbuh adalah sebuah impian terbesar wanita. Adanya keinginan tersebut banyak wanita melakukan usaha yang terbilang sedikit ekstrem, seperti mencukurnya. 

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah
Namun, tak pelak hal tersebut dapat menimbulkan iritasi dan peradangan yang hebat bila tidak berhati-hati dalam peneraapannya. 

Suka Dandan Menyeramkan, Wanita Ini Dianggap Aneh
Berikut ini beberapa tips penting yang harus diperhatikan dalam mencukur bulu wajah dilansir Welland Good.

Bulu tumbuh lebih lebat dan kasar adalah mitos

Mencukur sama sekali tidak berpengaruh pada tingkat pertumbuhan, perubahan warna, atau ketebalan rambut. Meskipun mungkin terlihat sedikit banyak, bulu wajah sebenarnya tidak tebal sama sekali.

Cobalah gunakan pisau cukur pria

Pisau cukur pria dirancang untuk mengatasi bulu wajah yang lebih keras. Sebab pisau tersebut di desain sangat tajam dan lebih tahan lama. Dengan cara mencukur seperti ini sudah pasti dapat mengurangi iritasi dan rambut tumbuh ke dalam. Pastikan untuk mencukur ke arah yang sama seperti arah pertumbuhan rambut, dan membatasi jumlahnya. Lakukan perlahan-lahan dan hati-hati. 

Tidak menggunakan pisau cukur yang sama

Sangat tidak disarankan menggunakan pisau cukur yang sudah lama dan berkarat. Jangan pernah menggunakan pisau cukur yang pernah digunakan mencukur bagian tubuh lainnya. Sebab menggunakan pisau cukur yang sama dapat menempatkan diri pada risiko luka dan menyebabkan peradangan dan iritasi sehingga terciptanya jaringan parut pada wajah.

Lebih rentan bulu tumbuh ke dalam

Mencukur bulu wajah memiliki manfaat untuk menipiskan bulu dan menghaluskan kulit. Namun gesekan saat mencukur terkadang dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Untuk itu mencukurlah dalam arah yang sama di mana rambut tumbuh untuk mencegah iritasi. 

Setelah mencukur sebaiknya mencuci wajah dengan kain lap secara lembut. Hal ini untuk menjaga bulu tumbuh ke dalam. Jangan gunakan produk untuk menghapus bulu untuk area bikini karena sangat berbeda dalam proses pertumbuhannya.

Mencukur di rumah tidak sama dengan dermaplaning

Sekarang ini dermaplaning banyak dibicarakan perempuan untuk menghilangkan bulu pada kulit. Prosedur ini merupakan salah satu cara mempercantik kulit dengan melepaskan bagian kulit luar secara mendalam namun sederhana hingga pada bagian epidermis.

Dermaplaning bisa dibilang mencukur bulu wajah dan mengupas kulit mati. Dengan proses pencukuran pada wajah dengan cara halus, maka wajah Anda akan terlihat mulus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya