Jakarta Barber Showcase Hadirkan Tukang Cukur Dunia

Tiga barber dunia
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Di Indonesia, profesi barber atau tukang cukur rambut pria masih dianggap hal yang kurang menjanjikan. Berbeda dengan di Indonesia, di Amerika Serikat dan negara di Eropa, barber setara dengan seorang koki.

Baru Enam Tahun, Bocah Ini Lihai jadi Penata Rambut

Sebab untuk menjadi seorang barber di Amerika Serikat harus melalui proses pendidikan yang cukup lama agar mendapat sertifikasi. Perkembangan industri barber inilah yang melatarbelakangi hadirnya Jakarta Barber Showcase 2016.

Acara tersebut berlangsung pada 18-23 Mei Batavorum Barberia dan The Ware House Plaza Indonesia, Jakarta. Menariknya acara itu mendatangkan tiga barber kelas dunia, seperti Donnie Hawley, Carlos Ramos dan Julius Cvesar, di mana mereka memiliki pengalaman mendunia dengan berbagai penataan rambut pria.

Mengerikannya Cara Tukang Cukur Ini Memotong Rambut Pelanggannya

Tak sedikit para selebriti dunia, seperti Tom Hanks, Jared Leto dan pemain-pemain NBA pernah mereka tangani untuk potongan rambutnya.

Sementara itu, gelaran acara ini merupakan salah satu wadah bagi anak-anak muda yang ingin tampil modis sekaligus menjadi wirausaha di industri ini.Acara berskala Internasional ini akan membagikan pengetahuan berharga dalam seni barbering. Selain itu, akan ada seminar, workshop dan pelatihan bertaraf internasional pertama di Asia Tenggara.

Kisah Babu, Tukang Cukur Paling Kaya di Dunia yang Miliki 378 Mobil

"Acara Jakarta Barber Showcase ini merupakan kali pertama yang diadakan di Indonesia dan hadir di Plaza Indonesia," ujar Ricky Apriyanto salah satu pemilik Batavorum Barberia saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 18 Mei 2016.

Menurut dia, barbershop tengah diminati anak-anak muda yang memiliki antusiasme tinggi terhadap rambutnya, sehingga acara ini dapat mendukung kreativitas anak bangsa. Acara ini juga akan memaparkan perkembangan tren rambut pria saat ini dan trik menjalankan bisnis barbershop. Akan diperkenalkan teknik dasar potongan rambut, seperti fading, classic taper dan pompadour.

Ilustrasi rambut/wanita.

Gak Cuma Tren, Hair Stylist Juga Harus Paham Permasalahan Rambut dan Kulit Kepala

Untuk itu, memiliki pengetahuan seputar permasalahan rambut dan kulit kepala menjadi nilai tambah yang wajib dimiliki oleh penata rambut untuk dapat bersaing di industri.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023