Ketahui Manfaat Madu Manuka untuk Kecantikan

Madu
Sumber :
  • Pixabay/PollyDot

VIVA.co.id – Madu manuka dianggap sebagai superfood yang memiliki manfaat untuk kesehatan kecantikan. Dicap sebagai madu penyembuh, madu ini sudah lama digunakan oleh suku Maori di Selandia Baru sebagai obat untuk luka.

Studi: Madu Bisa Sembuhkan Penyakit Paru-paru, Tapi Harus Jenis Ini

Selebriti dunia yang mengonsumsi madu ini, yakni Gwyneth Paltrow dan Novak Djokovic. Madu tersebut memiliki banyak manfaat, seperti obat untuk luka luar, sebagai tonik dengan mencampurnya ke dalam minuman teh dan mengobati bintik-bintik hitam.

Madu manuka adalah madu monofloral yang dihasilkan oleh lebah dari sari bunga manuka  (leptospermum scoparium), yang tumbuh di Selandia Baru secara liar di alam. Madu ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Khasiat Hebat Madu Manuka, Hilangkan Sakit Tenggorokan hingga Insomnia

Dikutip dari Stuff, studi terbaru menemukan bahwa madu ini dapat membantu menyeimbangkan sistem pencernaan dan mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian dari Universitas Otago di Selandia Baru itu juga menyebutkan bahwa produk madu manuka dapat mengurangi plak dan gusi berdarah.

Madu manuka adalah bahan utama yang digunakan dalam beberapa produk kecantikan, karena memiliki sifat aktif dan antiinflamasi. Madu ini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, memperbaiki kerusakan dan menghidrasi kulit. (ase)

Punya Efek Sama, 5 Herbal Pengganti Antibiotik
Ilustrasi madu

5 Manfaat Madu Manuka, Obati Sakit Tenggorokan Hingga Maag

Sejak zaman kuno pengobatan tradisional telah mengakui manfaat madu manuka, karena khasiat penyembuhan yang alami. Menurut mereka, madu lebih dari sekadar makanan pokok.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2023