Tips Menerapkan Teknik Batik Draping bagi Pemula

Teknik draping.
Sumber :
  • Linda Hasibuan / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dalam proses pembuatan sebuah busana keberadaan pola pakaian memang memiliki peran yang sangat penting. Bahkan bisa dikatakan baik tidaknya sebuah busana yang dikenakan oleh seseorang sangat bergantung pada kebenaran pola yang digunakan.

Gaya Fesyen Eva Celia dengan Kain Batik Hasil Karya Sendiri

Kendati demikian, untuk urusan batik saat ini banyak orang sudah mulai menerapkan teknik draping yaitu teknik konstruksi tanpa pemotongan bahan. Bagi orang yang sudah biasa memadupadankan kain batik yang masih mentah adalah hal biasa, namun bagaimana dengan mereka yang masih newbie atau pemula?

Nitra Nia Karnelia selaku Fashion Stylist mengatakan bahwa bagi mereka yang masih pemula sebaiknya sering lah mencoba men-styling kain batik sendiri. Mereka bisa mencobanya dengan item fesyen termudah yakni celana kulot atau outer yang hanya dua menit dalam penataannya.

Sebelum Meninggal, Ibunda Denny Cagur Sudah Siapkan Kain

"Kalau menurut saya bagi mereka yang masih baru bisa mencoba dan praktikkan sendiri, dimulai dari yang termudah seperti batik yang dijadikan outer dan celana kulot. Pilihlah ukuran kain batik yang normal yakni berukuran 110 cm x 200 cm," ujar  Nitra saat ditemui pada acara BNI Pesta Batik Indonesia dengan Batik Motif Maos Khas Cilacap di kawasan Jakarta Pusat, Minggu, 1 Oktober 2017.

Dia menuturkan bahwa agar semakin mahir belajarlah yang banyak dari video tutorial soal mix and match tentang teknik draping pada batik. Menonton video tutorial bisa menambah pengetahuan sekaligus bisa menciptakan ide dan kreativitas baru.

Kain Batik 74 Meter Dibentangkan di Museum Nasional

Dengan menggunakan teknik draping pun dapat melihat proporsi garis-garis desain pada tubuh. Untuk itu, seimbangkan antara garis, motif dan warna pada pemilihan kain batik.

"Para pemula bisa belajar banyak dengan menonton video tutorial agar lebih mahir dalam hal styling. Kemudian perhatikan komposisi warna, garis dan motif batik agar proporsi tubuh tetap seimbang," ujar dia. (one)

Mikha Tambayong

Mengenal Kain Tenun Tanimbar, Dipakai Mikha Tambayong saat Fashion Show di Istana Berbatik

Kain tenun Tanimbar Maluku yang dipakai oleh Mikha Tambayong merupakan salah satu jenis kain tenun yang cukup terkenal dan memiliki sejarah yang panjang.

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2023