Trik Mudah untuk Kurangi Tagihan Listrik

Anak nonton TV
Sumber :
  • Pixabay/ mojzagrebinfo

VIVA – Bertambahnya biaya hidup seperti membengkaknya tagihan listrik memang tidak dapat dihindari. Hal itu bisa terjadi karena peningkatan aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan yang membutuhkan banyak penggunaan daya listrik.

Sejak 2013, Kementerian ESDM Klaim Sukses Hemat Energi 62 Ribu GWh

Beberapa aktivitas yang menyebabkan tagihan listrik membengkak seperti menonton televisi nonstop, bermain laptop terus-menerus, hingga membiarkan keran air dan lampu terus menyala.

Jika tak ingin tagihan listrik terus membengkak, berikut tips yang dapat dilakukan seperti dilansir dari laman Nine.

Viral Video 'Iklan' Receh PLN dan PDAM

1. Batasi penggunaan listrik

Hal-hal sederhana yang sering terlupakan seperti mematikan lampu dan peralatan elektronik saat tidak digunakan, dapat membuat tagihan listrik membengkak tanpa disadari. Karenanya selalu biasakan mematikan lampu, dan mencabut sambungan listrik perabotan elektronik yang sudah tidak digunakan, agar tidak ada lagi listrik yang terbuang sia-sia.

5 Tips Bayar Tagihan Listrik Tanpa Panik

2. Gunakan teknologi pintar

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda dapat memiliki asisten rumah tangga secara digital. Dimana Anda dapat mengakses penggunaan listrik di rumah, sehingga apabila lupa untuk mematikan lampu atau perabotan elektronik lainnya, Anda dapat mematikannya melalui ponsel pintar.

3. Jangan mandi terlalu lama

Kegiatan membersihkan tubuh memang menyegarkan dan dapat menenangkan pikiran. Namun mandi terlalu lama dapat membuat tagihan listrik  melonjak. Dengan menyalahkan air terlalu lama, secara tidak langsung, energi listrik banyak terbuang.  

Ilustrasi mandi.

4. Gunakan LED

Kurangi penggunaan listrik dengan mengubah bohlam lampu biasa menjadi LED. Alasan mengapa LED lebih baik karena sudah dilengkapi dengan teknologi hemat energi, serta jenis dan bentuknya pun beragam sehingga Anda dapat lebih leluasa memilih lampu yang dibutuhkan.

5. Gunakan cahaya alami
Manfaatkan cahaya alami dengan pintar merupakan salah satu cara tepat untuk menghemat tagihan listrik. Pada pagi dan siang hari, Anda dapat menggunakan sinar matahari sebagai penerangan, dengan membiarkan jendela serta pintu terbuka agar sinar matahari dapat masuk dengan maksimal.

Sedangkan pada malam harinya Anda dapat menggunakan cahaya dari lampu, sehingga penggunaan energi listrik dari lampu hanya setengah hari saja. Ini bisa jadi cara yang mudah untuk berhemat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya