Tips Pilih Penyejuk Ruangan Agar Hemat Listrik

Ilustrasi ruang berpenyejuk ruangan (AC).
Sumber :
  • inmagine

VIVA – Santai di rumah dengan suasana udara ruangan yang sejuk memang bisa membuat penghuni merasa betah dan nyaman. Tak heran jika kini, banyak orang melengkapi huniannya dengan penyejuk ruangan atau Air Conditioner (AC).

Intip Teknologi Penyejuk Ruangan LG yang Diklaim Hemat Listrik

Sebagai penduduk negara tropis, AC atau penyejuk ruangan memang kini menjadi barang yang wajib ada di setiap rumah. Namun, saat membeli AC, Anda sebaiknya harus tahu tips untuk memilih AC terbaik yang sesuai dengan hunian Anda.

Lewat rilis yang diterima VIVA dari Shopee, berikut tips membeli AC untuk Anda.

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Kapasitas

Pastikan AC pilihan Anda dapat menyejukkan ruangan dengan cepat guna memberikan kenyamanan maksimal bagi keluarga.

Tips Periksa AC Mobil Bekas Bagus atau Enggak

Tahan voltase rendah

Ketidakstabilan tegangan listrik dapat menyebabkan peralatan elektronik mudah rusak atau tidak bisa dioperasikan. Untuk itu, pilih AC yang memiliki voltase rendah misalnya sebesar 150 volt, sehingga bisa tetap beroperasi dengan baik pada tegangan listrik yang tidak stabil.

Ilustrasi penyejuk ruangan

Hemat biaya

Selain mempertimbangkan harga produk, Anda juga harus mempertimbangkan biaya jangka panjang, yaitu biaya yang akan dikeluarkan untuk membersihkan dan menjaga AC. AC dengan filter penyaring debu yang rapat cenderung lebih bersih dan hemat karena tidak perlu terlalu sering membersihkan AC pada periode waktu tertentu. Perhatikan juga garansi pada AC baru sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya perbaikan atau penggantian di kemudian hari.

Tidak bising

Untuk istirahat nyaman di malam hari, pastikan AC tidak mengeluarkan suara bising. AC dengan kompresor terbungkus oleh lapisan soundproof dan noise filter untuk meredam bunyi ketika unit sedang beroperasi merupakan AC yang tepat untuk digunakan sehari-hari. Selain nyaman bagi pengguna, AC tipe ini juga nyaman untuk lingkungan sekitar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya