Sepele, Tapi 5 Kebiasaan Saat Bersihkan Rumah Berdampak Buruk

Pria bersihkan rumah
Sumber :
  • inmagine.com

VIVA – Membersihkan rumah setiap hari adalah kewajiban untuk menciptakan suasana rumah yang sehat dan menyenangkan. Namun tahukah Anda, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang sering luput ketika membersihkan rumah, yang justru membuat rumah terlihat berantakan.

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

Karenanya untuk mencegahnya, seperti dilansir dari Real Simple, Rabu 4 Juli 2018 berikut adalah lima hal yang tidak boleh terlewat ketika membersihkan rumah.

1. Membiarkan pintu mesin cuci terbuka
Ketika asyik mencuci, beberapa orang justru melewatkan bagian terpenting, yakni menutup kembali pintu mesin cuci. Dengan membiarkan pintu mesin terbuka, dapat membuat rumah terlihat kurang rapi, karenanya biasakan untuk menutup pintu mesin cuci sehabis menggunakannya.

Wabah Corona, Ini 5 langkah Mendisinfeksi Rumah agar Bebas Virus

2. Menggunakan koran dibandingkan kain microfiber
Ketika membersihkan kaca jendela, atau meja, beberapa orang masih menggunakan kertas koran, bukan dengan kain halus microfiber. Padahal menggunakan kertas koran dapat memberikan goresan kepada permukaan kaca atau permukaan meja, karenanya dianjurkan menggunakan kain halus untuk mencegah goresan.

3. Menggunakan pembersih semprot untuk membersihkan kaca mobil
Beberapa orang masih saja menggunakan pembersih dengan botol semprot untuk membersihkan kaca mobil. Padahal hal tersebut dapat meninggalkan bercakan air pada kaca mobil apabila tidak langsung dibersihkan.

7 Trik Cerdas Membuat Rumah Terbebas dari Debu

4. Tidak mengganti spons dapur secara berkala
Spons dapur yang digunakan setiap hari dalam jangka watu yang lama, dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Karenanya, gantilah spons dapur minimal satu minggu sekali untuk mencegah terjadinya perpindahan bakteri.

5. Lupa untuk membersihkan layar ponsel Anda
Apakah Anda pernah mengolah makanan, sembari memainkan smartphone untuk melihat resep?  Jika ya, ada kemungkinan kuman yang berada di dalam permukaan ponsel Anda berpindah ke makanan. Menurut penelitian, kuman yang bersarang di permukaan ponsel lebih banyak dibandingkan dengan kuman di toilet, lho! Makanya jangan lupakan untuk membersihkan permukaan ponsel secara teratur.

Ilustrasi membersihkan rumah.

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Terlebih polusi udara juga berbahaya bagi sistem pernapasan kita. Berikut tiga tips and trick menjaga udara di dalam rumah.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2021