Pasca Kebakaran Rumah, Penting Lakukan 7 Langkah Ini

Ilustrasi kebakaran rumah.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Musibah bisa terjadi kepada siapa saja dan di mana saja. Baru-baru ini kebakaran hebat melanda California. Hunian elit di kawasan tersebut tak luput dari amukan si jago merah. Banyak selebriti mulai dari keluarga Kardashian, Lady Gaga, Pierce Brosnan, hingga Orlando Bloom terpaksa dievakuasi. Caitlyn Jenner, Miley Cyrus dan Gerard Butler bahkan harus merelakan rumahnya terbakar habis.

Selamat! Ini Pemenang Blog Review Competition VIVAlova Happiness Race

Tentunya tidak ada yang menginginkan dirinya atau orang terdekat tertimpa musibah kebakaran. Tapi bencana, termasuk kebakaran bisa datang kapan saja. Meski akan terasa sulit untuk mengatasinya, dengan mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya, bisa membantu para korban bangkit dari musibah.

Jika Anda atau orang terdekat baru saja mengalami musibah rumah terbakar, ikuti tujuh langkah berikut.

Hati-hati, Ada 5 Benda di Rumah yang Ternyata Gampang Meledak

Pindah ke tempat tinggal sementara
Kebakaran di rumah merupakan kejadian yang mengerikan, terlebih bagi anak-anak. Dilansir dari thespruce.com, pindah sementara ke tempat yang aman dan nyaman, meski hanya untuk satu malam akan bisa memberikan kesempatan keluarga Anda beristirahat dengan tenang. Anda pun dapat lebih berkonsentrasi untuk menyiapkan langkah selanjutnya. Hotel atau menumpang di rumah saudara bisa menjadi pilihan.

Kebakaran Pasar Gedebage Bandung

6 Penyebab Utama Kebakaran Rumah, Nomor 4 Tak Terduga

Hubungi polisi atau pihak keamanan sekitar
Rumah yang kosong, meski bekas terbakar bisa menarik penghuni liar dan penjarah. Ada baiknya Anda memberi tahu polisi atau keamanan sekitar soal kebakaran yang terjadi, agar properti Anda tetap aman selama ditinggalkan. Pasang penghalang ekstra, berupa palang kayu di jendela dan pintu untuk meningkatkan keamanan. Anda bisa memasangnya sendiri atau dengan bantuan tukang.

Buat daftar kerusakan
Periksa barang apa saja yang rusak atau hilang pasca kebakaran. Dengan demikian, Anda bisa membuat prioritas barang apa saja yang perlu diganti dengan segera. Jika Anda memiliki asuransi rumah, proses ini akan lebih mudah. Karena sebagian besar asuransi akan memberikan santunan untuk membeli perabotan yang rusak saat kebakaran.

Selain memeriksa barang-barang, cek dokumen juga penting. Bikin daftar dokumen penting apa saja yang rusak akibat kebakaran. SIM, akta lahir, kartu keluarga, pasport, ijazah, surat pajak adalah dokumen yang harus segera diurus kembali.

Waspada keadaan sekitar rumah
Terlepas dari besar atau kecilnya api yang melanda, kebakaran bisa memengaruhi kondisi rumah. Sebab, api bisa merusak struktur bangunan dan meninggalkan asap berbahaya dari barang yang terbakar. Jika Anda perlu kembali ke rumah untuk mengambil beberapa barang, tunggu hingga pemadam kebakaran memastikan rumah telah aman. Utamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Simulasi pemadaman kebakaran lahan di Sungai Baung, Ogan Komering Ilir (OKI)

'Selamatkan' barang yang tersisa
Jika hanya sebagian rumah yang rusak dan telah dinyatakan aman untuk kembali memasuki rumah, silakan kembali dan pindahkan semua barang yang tidak tersentuh api. Segera bersihkan barang-barang tersebut. Jika Anda meninggalkan barang-barang tersebut terlalu lama di dalam rumah, akan makin sulit untuk membersihkan dan memperbaikinya.

Jangan buru-buru menyalakan peralatan
Dalam beberapa kasus, pemadam kebakaran akan mematikan peralatan rumah, terutama yang berhubungan dengan listrik dan gas untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Jika peralatan rumah, alat dapur, sambungan internet atau TV kabel, serta elektronik tidak bisa dinyalakan, hubungi ahli listrik atau perusahaan penyedia jasa. Menyalakan kembali peralatan tersebut dapat saja memicu korsleting, api, kebocoran gas dan kerusakan pipa air. Minta bantuan ahli listrik dan gas sebelum mengaktifkan kembali peralatan yang menggunakan listrik dan gas.

Segera ajukan klaim
Kembali lagi, tidak ada yang tahu kapan musibah akan datang. Jadi alangkah baiknya kalau Anda memproteksi rumah dari berbagai risiko, lewat asuransi rumah. Pasca kebakaran, segera lakukan klaim. Lebih cepat Anda melapor pada pihak asuransi, maka perbaikan atau ganti rugi akan makin cepat didapat.

Ilustrasi asuransi.

Bersiap untuk segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi bisa dilakukan dengan mengasuransikan semua aset Anda yang berharga, termasuk tempat tinggal. Jangan berpikir asuransi rumah itu mahal, jika hal buruk benar-benar terjadi, manfaat dan bantuan yang Anda dapat jauh lebih besar. Plus kini, asuransi rumah bisa didapat dengan premi terjangkau untuk benefit maksimal, seperti yang ditawarkan oleh happyHome dari happyOne.id.
 
Selain biaya premi yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, berbagai manfaat akan didapat dari asuransi happyHome. Tak hanya memberikan perlindungan rumah dari kebakaran, tapi juga sambaran petir, ledakan, kerusakan akibat pesawat atau FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke) berupa biaya penggantian risiko.

Asuransi happyHome juga dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu biaya tempat tinggal sementara, biaya pembersihan puing, biaya pemadam kebakaran hingga santunan pembelian perabotan kembali akibat kebakaran. Dengan demikian, pasca musibah kebakaran, Anda akan banyak terbantu untuk banyak hal. Info lebih lengkap mengenai manfaat dari happyHome bisa dilihat di www.HappyOne.id.
 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya