Intip Tren Hunian 2021 dan Cara Dekorasi Ulang

Hunian
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Menjelang Tahun Baru 2021 yang tinggal menghitung hari sejumlah rencana telah disiapkan untuk menyongsong tahun baru. Salah satunya yang paling umum dilakukan adalah dengan menata ulang atau mendekorasi ulang rumah. 

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Merombak tampilan rumah tidak hanya memberikan suasana baru yang menyegarkan pada rumah. Mendekor ulang rumah juga memberikan banyak manfaat salah satunya adalah menyegarkan ruangan yang membosankan dan bisa membuat keluarga betah berlama-lama di dalam rumah ketimbang menghabiskan harinya di luar sana. 

Berbicara mendekorasi ulang rumah untuk menyambut 2021 sendiri juga perlu pertimbangan yang matang. Jangan sampai akhirnya malah membuat penghuni menjadi tidak betah. Terkait hal tersebut, Arsitek sekaligus Founder Atalier Riri, Riri Yakub menjelaskan bahwa penting untuk membuat planning board rancangan rumah terlebih dahulu.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Planming buat rancangan rumah buat mood board feel mau gimana di keseluruhan baru pecah di setiap rumah. Ini untuk membangkitkan dan akomodir aktivitas agar optimal. Tidak hanya warna cat saja, bukaan cahaya juga harus diperhatikan agar sirkulasi baik,” kata dia dalam virtual conference Dulux Color of The Year 2021 belum lama ini. 

Di sisi lain, untuk trend arsitektur 2021 Riri menjelaskan bahwa orang akan lebih menyukai bangunan rumah yang personal dan fungsional.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

“Sekarang beragam fungsi semakin dibutuhkan karena sekarang semua di rumah. Selain fungsional tapi juga pengen rumah yang terbuka terhubung dengan alam agar bangkitkan hidup lebih sehat,” tutur dia.

Dalam kesempatan itu Riri juga memberikan contoh pengaturan ruangan. Untuk memberikan kesan natural ke ruangan bisa menempatkan warna material yang berhubungan untuk membangkitkan mood.

“Warna kursial warna elemen penting tentukan warna atmosifir beda di tiap ruang. Warna netral hangat seperti coklat dan turunan koneksikan hal sederhana jadi sesuatu esensial dan alami hubungkan dengan alam,” ujarnya. 

Tren warna cat dinding 2021

Produsen cat Dulux meluncurkan Dulux Colour of the Year 2021 dengan tema besar brave ground yang terbagi empat palet warna cat dinding yakni Expressive, Trust, Timeless, dan Earth. Didominasi warna bernuansa merah, dusty pink, dan maroon, palet warna expressive mendorong orang untuk berani mengambil keputusan di masa-masa sulit sekali pun.

Untuk trust dijelaskan oleh Managing Director AzkoNobel Decorative Paints South East Asia and South Asia (SESA), Oscar Wezenbeek bahwa selama pandemi, orang merasa penting untuk tetap terhubung, entah dengan diri sendiri, keluarga, orang terdekat, mau pun komunitas mereka. Hubungan ini baru bisa terjalin setelah ada kepercayaan yang direpresentasikan melalui warna palet cenderung brownish. 

Untuk Timeless. Pengaplikasiannya akan memberi nuansa identitas yang kentara. Sedangkan untuk Earth palet warna cat dinding ini cenderung menenangkan, seperti biru yang merefleksikan laut dan hijau sebagai simbol alam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya