Tak Sulit Pasang Teralis Jendela Sendiri, Ini Tipsnya

Ilustrasi Jendela
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Teralis jendela merupakan salah satu komponen penunjang keamanan pada rumah. Teralis umumnya dipasang pada setiap sisi jendela. 

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Selain untuk keamanan, nyatanya teralis juga bisa menjadi desain interior tambahan untuk mempercantik rumah.

Karenanya, perlu adanya pertimbangan dalam memilih teralis. Kemudian, sesuaikan teralis dengan konsep desain interior rumah yang sudah ada. Agar terlihat sempurna, setidaknya ada tiga poin utama dalam memilih teralis, yaitu bahan, desain, dan ukuran.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Pada umumnya, pilihan teralis paling banyak adalah bermaterial besi. Selain kuat dan kokoh, material besi akan membuat tampilan dari teralis jendela menjadi lebih menarik. Adapun material besinya bermacam-macam dan sesuai kebutuhan, di antaranya besi tempa dengan desain silang kotak dan besi behel yang dirasa lebih ringan.

Pilih desain teralis sedemikian rupa, sehingga membuat nuansa rumah semakin nyaman. Seperti diketahui, teralis nyatanya tak hanya dipasangkan pada sisi jendela saja. Teralis juga bisa dipasangkan di luar ruang rumah, namun hal itu harus diseimbangkan dengan model teralis dan konsep ruang luar.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Desain teralis pun memiliki banyak motif. Diantaranya bermotif kotak-kotak, lingkaran kontemporer, dan bernuansa kayu. Selain itu, ukuran teralis pun penting diperhatikan. Desain teralis berukuran kecil cocok untuk rumah kecil atau bergaya minimalis. 

Sedangkan untuk rumah besar, baik memilih ukuran yang besar juga. Dan perlu diperhatikan, jika rumah berukuran kecil dan dipasangkan teralis berukuran besar, makan rumah akan terlihat lebih sempit.

Nah setelah memilih teralis. Langkah selanjutnya adalah memasangkan teralis pada jendela atau sisi ruang yang cocok. Berikut langkah-langkahnya, seperti yang dirangkum VIVA.co.id.

1. Atur jarak antar jeruji besi pada teralis jendela rumah

Jarak adalah poin utamanya, agar tak menghilangkan fungsi dari teralis sebagai keamanan dan desain interior rumah. Atur sedemikian rupa agar jarak jeruji dan besi tidak terlalu longgar. Ideal jarak tersebut adalah 30 sentimeter.

2. Pasang baut dari arah dalam dan tersembunyi

Agar tak mudah dibobol maling. Atur strategi dengan memasang baut dari arah dalam atau baut terpasang dari bagian interior rumah.

Usahakan, baut yang terpasang pun tidak mudah terlihat begitu saja. Sembunyikan penempatan baut. Sehingga tak akan ada yang tahu di bagian mana baut teralis jendela terpasang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya