Ternyata, Membersihkan Spons Tak Mengurangi Bakteri

Ilustrasi spons cuci piring.
Sumber :
  • Pixabay/Jarmoluk

VIVA.co.id – Selama ini, banyak orang mengira pemakaian spons untuk membersihkan perabot rumah dan membersihkannya kembali dapat mengurangi bakteri. Namun, ternyata hal tersebut sangat keliru.

Spons Pencuci Piring Bisa Sebabkan Keracunan, Kolera hingga Kelenjar Tiroid, Kok Bisa?
Dikutip Huffington Post, berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Scientific Reports Online baru-baru ini, membersihkan spons dengan segala cara tidak secara signifikan mengurangi bakteri. Justru, cara tersebut akan meningkatkan kandungan bakteri pada spons.
 
Spons Pencuci Piring Rentan Jadi Sarang Penyakit, Benarkah?
"Sanitasi dengan menggunakan air mendidih atau microwave telah terbukti mengurangi secara signifikan beban bakteri spons dapur dan oleh karena itu dapat dianggap sebagai upaya kebersihan yang masuk akal. Namun, data kami menunjukkan bahwa membersihkan spons secara rutin, tidak memiliki lebih sedikit bakteri daripada bakteri yang tidak bersih," menurut studi tersebut.
 
5 Barang Rumah Tangga yang Sebaiknya Diganti Berkala
Menurut riset tersebut, spons ternyata pusat bakteri aktif di rumah. Spons dinilai lebih kotor dari pada toilet.
 
Meski begitu, penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut. Termasuk melakukan eksperimen sanitasi yang lebih terkontrol untuk memperkuat temuan tersebut.
 
"Data kami memungkinkan spekulasi hati-hati bahwa penerapan ukuran sanitasi spons dapur yang berkepanjangan tidak dianjurkan," ujarnya.
 
Mereka lalu menyarankan, daripada Anda mencoba membersihkan spons, lebih baik membuang spons tersebut dan menggunakan spons baru. (mus)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya