VIDEO: Uniknya Ragam Unsur Alam di Rumah Bergaya Ekletik

Desain ruang tamu
Sumber :
  • Viva.co.id/Ayu Utami

VIVA – Siapapun bisa mengubah rumahnya nampak nyaman dan menyenangkan hanya dengan kreatifitas tangan sendiri. 

Inspirasi Rumah Mungil Minimalis di Dalam Gang, Modern dan Tetap Nyaman

Ditte Halide Hanoum seorang desain interior sekaligus founder dari ID Home punya cerita unik. Ibu beranak dua ini awalnya hobi mendekorasi kamar, namun ia punya mimpi suatu saat bisa memiliki rumah cantik yang ia dekor sendiri. Kini impiannya terwujud, rumahnya sebidang tanah seluas 300 meter di kawasan BSD ini disulapnya menjadi rumah cantik dengan dekorasi ala eklektik yang belakangan ini mulai hits dan digemari.

Ditte, pemilik rumah bergaya Ekletik

Tren 2023, Trik Desain Dapur Cantik di Hunian Rumah Minimalis

Eklektik kental dengan perpaduan warna yang mewakili alam seperti kayu, daun, dan laut. Untuk menerapkan gaya eklektik ini cukup menyeimbangkan berbagai elemen dan unsur lain yang digunakan.

Awalnya Ibu dua anak yang akrab dipanggil Ditte ini menerapkan rumah bergaya minimalis, ia juga mengaku tidak langsung bisa menetapkan gaya tersebut sebagai desain favoritnya.

4 Furnitur Bergaya Jepang dan Skandinavia, Bikin Betah di Rumah

"Aku enggak begitu suka desain minimalis karena suasana yang kaku, jadi aku ubah-ubah sendiri layoutnya," ucapnya saat ditemui oleh VIVA di rumahnya.

Tak hanya minimalis, ternyata wanita yang berprofesi sebagai dokter gigi ini sudah mencoba berbagai macam gaya desain hunian. Seperti minimalis, vintage, shabby dan yang lain-lainnya.

"Aku mengambil gaya eklektik karena di rumah ini ada campuran berbagai macam gaya seperti minimalis modern, American Sytle, Colorfull, hingga Bohemian Syle pada kamar ruang tamu," ucapnya.


Setiap ruangan mampu mencuri perhatian

Pertama kali VIVA menginjakkan kaki ke rumah tersebut, rasa sejuk menyergap, taman kecil dengan rumput hijau tertata rapi. Sebelum sampai ke pintu masuk, tamu akan disuguhkan dengan kolam kecil, dan lantai dengan bebatuan.

Yang unik dari rumah desain Ekletik milik Ditte ini adalah setiap ruangan didesain dengan tema yang berbeda sehingga memiliki kejutan dan ciri khasnya masing-masing.

Misalnya ruang tamu. Ketika memasuki rumah tersebut, di bagian tengah ruang tamu, Ditte menyulap lantainya ruang tamu mininya yang bergaya skandinavian dengan lantai kaca. Di dalamnya ada batu-batuan alami sehingga tercipta unsur alam.

Di ruangan keluarga, nuansa lain tercipta paduan konsep minimalis dan modern sukses memunculkan suasana hangat dan kekeluargaan. Apalagi Ditte juga menyematkan pernak-pernik kecil dan aksesoris buah tangan dari tempat-tempat yang pernah dikunjunginya, pada area tembok. Berbagai macam foto kenangan bersama keluarga juga terpajang pada area ruang keluarga tersebut.

"Kebetulan aku suka banget traveling jadi ketika aku liat yang lucu-lucu. Aku bawa pulang, sepeti bingkai, hiasan dinding," ucapnya.

Pada ruang keluarga ini, Ditte menerapkan konsep open space pada ruangan. Ia mengabungkan ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan ruang solat menjadi satu.

"Konsep open space ini aku buat karena kami semua sibuk (regular day). Jadi ketika semuanya libur, aku enggak mau pada sibuk di kamarnya sendiri-sendiri. Makannya aku buat open space supaya semuanya bisa berkativitas di sini," ujarnya.

Pada bagian ruang makan juga terdapat sebuah pintu kaca, yang langsung menyuguhkan pemandangan kolam renang yang indah dengan pancuran air khas Bali. Beberapa pepohonan yang rindang dan tempat duduk untuk bersantai juga nampak terlihat di sana. Uniknya, pada bagian tembok pancuran dibiarkan polos, karena digunakan sebagai bioskop mini.

Naik ke lantai 2, inilah tempat Ditte dan anak-anak istirahat. Pada ruang untuk kamar anak, Ditte mengusung konsep berbeda pada kedua anaknya, anak laki-lakinya mengusung konsep minimalis dengan kesan industrialis yang dominan warna monokrom, sedangkan untuk putrinya ia menambahkan kesan playfull dan penuh warna.

Desain kamar anak

Desain kamar anak

Lalu pada kamar utama, Ditte menerapkan minimalis modern dengan sentuhan putih, abu-abu dan hitam dengan berbagai hiasan kata, dan bulu-bulu.

"Anak-anak memang minta yang simple aja. Karenanya untuk anak laki-laki aku beri minimalis dengan sedikit sentuhan industrial, yang perempuan yang girly, dan colorfull dengan warna pastel namun bright. Dan untuk kamar aku modern minimalis, tapi bisa ganti tema kapan aja sesuai dengan suasana hati," ucapnya.

Kesan Bohemian muncul saat VIVA memasuki kamar khusus tamu menginap di lantai 1. Menggunakan dekorasi dengan gaya bohemian memadukan dinding batu bata putih, dengan berbagai tanaman hias dan sentuhan motif-motif bohemian.

Untuk merangkai seluruh desain unik pada rumahnya, Ditte mengaku terinspirasi dari media sosial seperti pinterest dan instagram. Untuk melihat langsung desain rumah karya Ditte yang inspiratif, Anda bisa berselancar di akun instagram Ditte @ditte_id. Saksikan selengkapnya di sini. atau saksikan videonya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya