Trik Bikin Rumah Harum Sepanjang Hari, Enggak Perlu Repot

Ilustrasi ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Memiliki rumah yang harum adalah impian semua orang. Apalagi, ketika mereka sampai ke rumah dan kembali dari kantor dalam keadaan lelah, aroma harum bisa membuat penghuninya merasa nyaman dan lebih rileks.

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Tak hanya itu, rumah yang wangi pun akan meningkatkan kepercayaan diri pemiliknya, ketika menyambut tamu yang datang ke rumah. Dan, untuk membuat rumah harum, Anda tak perlu repot.

Berikut ini, beberapa cara membuat rumah menjadi harum dengan menggunakan bahan yang mudah diperoleh atau dibuat sendiri di rumah, seperti dilansir dari laman Pop Sugar, Senin 8 Januari 2018:

Coba Ganti Suasana Rumah Biar Gak Bosan Selama Pandemi

1. Lilin aroma

Tak hanya bisa memberikan rasa nyaman, ternyata lilin beraroma pun bisa membuat seluruh rumah Anda menjadi wangi dan segar saat dibakar. Untuk aromanya, Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Tetapi, Anda juga bisa mencoba menggunakan lilin beraroma kedelai, atau lainnya yang dibuat sendiri untuk memberikan aroma segar, tanpa campuran bahan kimia.

7 Trik Cerdas Membuat Rumah Terbebas dari Debu

2. Rutin bersihkan kamar mandi

Seberapa sering Anda membersihkan kamar mandi? Anda harus membersihkan kamar mandi secara teliti di tiap sudut dan celahnya, setidaknya sekali dalam sepekan. Bersihkan secara rutin dan teliti, agar kamar mandi tak menimbulkan bau buruk dan menyebarkan ke ruangan lain.

3. Pakai pembersih udara

Selain mengurangi debu atau polusi udara yang ada di dalam rumah, pembersih udara pun bisa membantu memberikan aroma segar di dalam rumah.

4. Buat penyegar ruangan

Cobalah buat penyegar ruangan sendiri dengan aroma sesuai keinginan Anda. Selain dapat mengharumkan ruangan, penyegar buatan tersebut juga bisa digunakan untuk menyegarkan pakaian dan menghilangkan bau apek.

5. Bersihkan dapur

Selain kamar mandi, ruangan lain yang harus menjadi perhatian Anda untuk dijaga kebersihannya adalah dapur yang sering digunakan memasak dan menyumbang banyak sampah dapur. Anda bisa menggunakan pembersih dari jeruk nipis untuk membersihkan peralatan memasak. Jeruk selain membersihkan, juga bisa memberi aroma segar.

5. Kantong pengharum ruangan

Anda bisa membuat kantong pengharum ruangan sendiri. Dengan kantong itu, Anda bisa meletakkan pengharum ruangan instan di dalamnya untuk digantung di tempat yang Anda suka untuk membuat kamar tidur atau ruangan lain menjadi segar.

6. Wewangian rebus

Salah satu penyegar udara terbaik yang bisa Anda buat adalah dari kompor Anda. Campurkan aroma favorit Anda, seperti jeruk, kayu manis, cengkeh, atau bahan lain yang Anda suka, dan biarkan mendidih di atas kompor selama yang Anda mau. Aroma rebusan bahan tersebut akan memenuhi ruangan Anda dan memberikan kesegaran yang diinginkan.

7. Tanaman Hias

Bukan rahasia lagi bahwa tanaman hias adalah salah satu pembersih udara alami terbaik. Tanaman hias berfungsi membantu menghasilkan lebih banyak oksigen di rumah Anda dan memberi aroma segar di rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya