Mahasiswa, Jangan Kuliah Cuma untuk Mengejar Nilai Akademis

UI Excellent Awards 2018.
UI Excellent Awards 2018.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Selama ini banyak yang berpikir bahwa menjadi seorang mahasiswa adalah bagaimana belajar dengan tekun untuk mendapatkan nila dan IPK bagus, untuk kemudian berhasil mendapatkan jabatan di dunia karier sesuai dengan keinginan. Padahal menjadi mahasiswa bukan melulu soal akademis.

Bahkan, perlu Anda ketahui bahwa yang disebut mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang tidak hanya sukses memenuhi tanggung jawab akademis, tapi juga peduli dan kritis terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, bangsa dan negara, serta menghasilkan karya nyata yang berdampak positif bagi masyarakat.

Bukan mahasiswa yang hanya tekun dan hanya mengejar nilai tinggi untuk cepat selesai kuliah, serta tidak peduli pada permasalahan di sekitarnya.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang Ketua Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Ahmad Fathul Bari di sela-sela acara penghargaan UI Excellent Awards kepada 10 mahasiswa Universitas Indonesia berprestasi, di Sekretariat ILUNI UI, Kampus UI Salemba Jakarta Pusat, Rabu, 17 Mei 2018.

“Perlu adanya redefinisi dari apa yang disebut Mahasiswa Berprestasi. Mahasiswa berprestasi adalah para aktifis kampus yang bersikap kritis terhadap persoalan kampus, masyarakat bangsa dan negara serta menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Ahmad Fathur Bari menurut rilis yang diterima VIVA, Jumat, 18 Mei 2018.

“Bukan mahasiswa yang hanya kuliah saja dan alergi terhadap organisasi intra dan ekstra kampus. Kuliah hanya mengejar nilai tinggi dan cepat selesai tapi tidak peduli terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat dan negara,” kata dia menambahkan.

Hal itu pula lah yang menjadi kriteria pihaknya yang bekerja sama dengan BEM UI dalam melakukan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat universitas. Kriteria yang dipilih sebagai mahasiswa berprestasi dalam pengertian lebih komprehensif yakni mahasiswa yang kritis dan cerdas juga kreatif serta inovatif, yang dibuktikan dengan nilai akademik di atas rata-rata serta karya nyata yang telah dihasilkan yang bermanfaat bagi masyarakat.