10 Fakta Mengejutkan di Balik Festival Ajang Belanja Dunia

CEO Alibaba Group Daniel Zhang
Sumber :
  • Dokumentasi Alibaba

VIVA – Ajang festival belanja terbesar dunia, 11.11 Global Shopping Festival kembali digelar. Ada banyak fakta yang terungkap di balik digelarnya festival ini.

Heboh Bahan Baku Langka Ancam Produksi Mie Instan, Produsen Indomie Buka Suara

Salah satu yang menarik perhatian, festival ini pun menjual sejumlah lima merek produk Indonesia. Apa sajakah itu?
 
Seperti diinformasikan lewat rilis yang diterima VIVA.co.id, Alibaba Group sebagai penyelenggara festival belanja terbesar di dunia 2018, 11.11 Global Shopping Festival, menyampaikan berbagai fakta menarik di tahun kesepuluh pelaksanaannya. Dari kehadiran produk Indonesia untuk pertama kalinya hingga mengambil foto dari luar angkasa.

Ingin tahu lebih jauh fakta apa sajakah itu? Berikut dirangkum dalam “10 for 10” buletin di bawah ini.

Launching Tori Miso Ramen Ramaikan Festival Budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023

Produk Indonesia dipamerkan

Untuk pertama kalinya, 11.11 Global Shopping Festival akan menghadirkan lima merek tanah air yang mendapat dukungan langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Lima merek tersebut adalah Indomie, Kapal Api, Richeese, Yan Ty Ty (produk sarang burung walet), dan Papatonk (kerupuk udang).

Berhasil Bina 1.600 Warung Indomie, Mahasiswa Poltekesos Belajar Wirausaha ke Indofood

17.000 lipstik terjual dalam hitungan menit

Lebih dari 500.000 produk pilihan telah tersedia pada periode pre-sale 11.11 Global Shopping Festival yang diselenggarakan oleh Tmall. Dalam periode pre-sale ini ada banyak produk yang terjual, di antaranya:
1. 3.000 produk edisi terbatas Starbucks yang didesain khusus untuk 11.11 Global Shopping Festival habis terjual dalam kurun waktu empat menit
2. MAC berhasil menjual lebih dari 17.000 lipstik hanya dalam waktu enam menit. Sedangkan Lancôme menjual 50.000 botol produk perawatan kulit dalam waktu lima menit.

Merangkul generasi digital

Sebagai negara dengan populasi internet terbesar di dunia, Tiongkok memiliki 802 juta pengguna internet di mana 98 persen penggunanya mengakses via ponsel. Oleh karena itu, Alibaba mengajak lebih dari 200 selebriti internet untuk memproduksi 10.000 video pendek guna merangkul pengguna millennial. Mereka akan melakukan siaran langsung tanpa henti di media sosial selama 20 hari menjelang 11.11 Global Shopping Festival, serta membagikan angpau yang dapat digunakan untuk berbelanja saat festival belanja berlangsung.

Meningkatkan akses ke daerah pelosok

Alibaba meningkatkan layanan promosi ke daerah-daerah pelosok dengan merangkul toko-toko lokal yang tersebar di seluruh Tiongkok, sebagai upaya menggerakkan ekonomi di daerah. Alibaba menyediakan berbagai promosi, seperti angpau dan kode belanja yang dapat digunakan di lebih dari 200.000 toko kelontong pintar binaan Alibaba yang tersebar di 800 kabupaten di 29 provinsi Tiongkok.

Gudang robotik dan pengiriman lintas negara

Pada festival belanja 11.11 tahun lalu, unit logistik Alibaba ini menangani lebih dari 812 juta pesanan. Tahun ini, Cainiao baru saja membangun gudang robotik baru untuk memenuhi kebutuhan pengiriman yang meningkat. Selain itu, untuk pengiriman lintas-negara, Cainiao juga sudah mempersiapkan kontainer dan pesawat yang dipesan secara khusus untuk mempercepat pengiriman ke berbagai negara. Jaringan Cainiao saat ini telah mengerahkan lebih dari tiga juta personil logistik dan menghubungkan 30 juta meter persegi pergudangan di seluruh dunia.

IOT dan  BLOCKCHAIN bantu pelanggan telusuri pengiriman barang

Para pelanggan dapat menelusuri pengiriman barang yang mereka beli di Tmall Global, platform e-daganglintas-negara milik Alibaba, melalui aplikasi Mobile Taobao. Sistem penelusuran ini memanfaatkan IoT dan teknologi blockchain yang mengharuskan adanya proses autentikasi ganda dan enkripsi dua-arah untuk meningkatkan keamanan pengiriman. Pada saat yang bersamaan, teknologi ini juga memberikan informasi pengiriman secara langsung pada pelanggan.

Mengubah poin keanggotaan jadi angpau

Tahun ini ekosistem Alibaba memperkenalkan konsep “kredit energi” atau umumnya dikenal sebagai poin keanggotaan. Semakin lama waktu yang dihabiskan para pelanggan di ekosistem aplikasi daring Alibaba (seperti Mobile Taobao, Tmall, Youku, AutoNavi, DingTalk, Ele.me) dan di toko-toko Alibaba (seperti Easyhome, Intime, Hema, dan toko lainnya), semakin banyak pula “kredit energi” yang mereka dapatkan. “Kredit energi” ini kemudian dapat ditukar dengan angpau 11.11.

Ide baru untuk toko dekorasi rumah melalui new retail

Sebanyak 222 toko Easyhome untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam 11.11 Global Shopping Festival. Terdapat lebih dari 100 “Distrik New Retail” di Beijing, di mana para pelanggan dapat menggunakan aplikasi Tmall untuk mengubah desain rumah mereka secara virtual. Para pelanggan juga dapat mengumpulkan kupon dari Mobile Tmall dan menggunakannya untuk berbelanja di toko Easyhome.

Museum dalam genggaman

Delapan museum ternama dunia, yaitu British Museum, Palace Museum, National Museum of China, Dunhuang Research Institute, Summer Palace, Suzhou Museum, dan Shanghai Museum akan berpartisipasi dalam 11.11 Global Shopping Festival. Kedelapan museum ini menawarkan lebih dari 100 produk elegan kepada pelanggan Tiongkok. Sejak diluncurkan pada Juli lalu, toko unggulan British Museum di Tmall telah diikuti oleh lebih dari 260.000 penggemar, menjadikannya destinasi daring terpopuler bagi pencinta budaya. Tmall telah menjadi platform pelopor untuk museum dalam merangkul teknologi dan generasi muda.

Mengambil foto dari luar angkasa

AliExpress telah meluncurkan stasiun luar angkasa mini yang dinamakan “Candy Jar” dalam 11.11 Global Shopping Festival tahun ini. Para pelanggan berkesempatan “mengambil foto dari luar angkasa” melalui aplikasi ponsel AliExpress saat satelit ini melewati mereka. Jika pelanggan dapat menangkap foto diri ketika satelit melewati mereka, para pelanggan dapat memenangkan berbagai hadiah mulai dari diskon hingga bebas biaya pengiriman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya