5 Monumen Paling Aneh di Dunia, Tapi Menakjubkan

Perpustakaan tenggelam
Sumber :
  • Listverse

VIVA – Hampir setiap daerah, negara pasti memiliki monumen, entah itu untuk peringatan perang, patung tokoh yang meninggal, atau monumen peringatan lain.

Empat Patung dan Monumen Paling Unik

Sebagian besar monumen tersebut telah menjadi bagian dari pemandangan yang hanya dilihat sepintas lalu oleh pejalan kaki, yang bahkan tidak akan disadari keberadaannya.  Tapi sebenarnya monumen dibangun bukan tanpa sebab dan alasan.

Terlepas dari bentuknya yang unik, kelima monumen berikut ini seperti dilansir List Verse, Selasa 6 November 2018 bisa dibilang sama sekali tidak bisa ditebak apa maksud dulu monumen tersebut dibuat. 

Monumen Pancasila Jaya Banyuwangi

Patung air mancur pemakan anak

Pada 1545, sebuah kota di Swiss, Berni membuat patung untuk menggantikan patung sebelumnya yang telah berusia 100 tahun karena perlu mendapat perawatan. 

Oxford United Tumbangkan Peterborough di Semifinal Playoff League One Inggris

Patung air mancur pemakan anak

Tapi pembuat patung tersebut, Hans Gieng entah apa yang ada di pikirannya saat itu, tapi keberadaan monumen berbentuk raksasa yang tengah memakan bayi yang ada di tangannya dan bahkan dalam kantung yang dibawa. 

St. Wenceslas Naik Kuda Terbalik

Terdapat sebuah patung unik di Praha, patung tersebut merupakan sosok Raja Wenceslas menaiki kuda, terdengar biasa saja, tapi kuda yang dinaikinya terbalik. 

Seniman yang membuatnya, David Cerny, dipercaya membuat karya tersebut sebagai serangan. Tapi apa yang sebenarnya dia ingin coba sampaikan tak ada yang tahu. 

Leshan Giant Budha

Terdapat pahatan Buddha raksasa di provinsi Sichuan, China. Dengan tinggi 71 meter, patung tersebut disebut sebut sebagai patung batu terbesar di dunia.  Konstruksinya dimulai oleh seorang biksu bernama Haitong yang berharap bahwa pembuatan patung itu bisa menenangkan pergolakan air di mana tiga sungai bertemu.

Ketika kontruksi dilarang oleh pemerintah setempat, Haitong disebut mencungkil matanya sendiri untuk menunjukkan ketulusannya dan ketakwaannya. Akhirnya dia mendapat izin melanjutkan pembangunan karena pemerintah khawatir dengan apa yang akan dia lakukan berikutnya jika dilarang. 

Sayangnya, Haitong telah meninggal ketika patung selesai. Namun harapannya membuat air tenang tercapai. 

Dunmore Pineapple

Pada t1761, Dunmore membangun rumah musim panas, dan karena dia juga suka buah, dia ingin membangun rumah tersebut dalam bentuk buah.  Saat itu, nanas merupakan buah eksotik yang pernah ada di Skotlandia.

Dunmore Pineapple

Nanas tersebut memiliki tinggi 11,2 meter. Strukturnya memiliki empat 'bejana' di bawahnya, yang sebenarnya digunakan sebagai sistem pemanas yang diletakkan untuk rumah kaca di bawahnya. Rumah kaca tersebut menyimpan beberapa buah eksotis dan sayur termasuk tentu saja nanas. 

Perpustakaan tenggelam

Mungkin ini monumen paling aneh diantara lainnya. Di bagian luar perpustakaan Victoria, orang akan dibuat terkejut saat melihat bekas perpustakaan kuno tenggelam di lantai.

Dengan tinggi 7 meter, monumen yang dibuat oleh Petrus Spronk ini diberi nama Architectural Fragment, merupakan satu dari sekian banyak karya tenggelam miliknya yang telah dibuat di seluruh dunia dan berarti untuk menyimbolkan kerapuhan dan sifat sementara dari semua manusia yang cukup mengganggu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya