Tips Inventasi untuk Milenial yang Ingin Naik Haji dan Umrah

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menunaikan ibadah haji menjadi mimpi sebagian besar umat Islam di dunia untuk menyempurnakan Rukun Islam. Namun, masa tunggu yang lama dan biaya yang tak murah membuat banyak yang akhirnya pasrah.

Arab Saudi Larang Jemaah Lakukan Umrah Lebih dari Sekali saat Bulan Ramadhan, Ada Apa?

Pilihan lain untuk bisa beribadah ke Tanah Suci adalah umrah. Meski biayanya tidak seperti haji dan bisa dilakukan kapan saja, namun tetap dibutuhkan perencanaan dan persiapan untuk bisa menjalankannya, terutama kesiapan finansial.

Bagi generasi milenial, bisa menunaikan ibadah haji dan umrah bukanlah sesuatu yang tak mungkin dicapai. Chief Marketing Officer Narada Asset Management, N. Anie Puspitasari mengatakan, yang pertama harus dilakukan adalah memantapkan niat.

Persiapan Hotel di Makkah Menyambut Jutaan Jemaah Umrah Selama Ramadhan

Kemudian, tetapkan target kapan akan berangkat, cek biaya dan jalani gaya hidup yang lebih hemat, menabung dan berinvestasi, jika sekiranya biaya tidak tercapai, carilah tambahan pemasukan lain.

Untuk naik haji, harus dilakukan pendaftaran dan mendapatkan nomor porsi haji yang membutuhkan setoran awal Rp25 juta untuk kemudian menunggu keberangkatan hingga 16-23 tahun. Sedangkan untuk ibadah umrah memiliki waktu yang lebih fleksibel tergantung kesiapan dari masing-masing orang.

Aturan Baru, Arab Saudi Larang Umrah Dua Kali Selama Bulan Ramadhan

Mengingat waktu tunggu yang sangat lama, maka sebaiknya mulai menyiapkan biaya awal ini dari sekarang agar ketika sampai di waktu keberangkatan, kita masih bisa beribadah dalam keadaan sehat dan mampu mengikuti semua kegiatan ibadah di Tanah Suci. Biaya awal ini seringkali tidak direncanakan, sehingga hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengelola keuangan untuk menyiapkan biaya ini.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan adalah setiap orang harus memiliki komitmen untuk menyisihkan dana baik itu melalui tabungan atau investasi. Kedua, perhatikan pos-pos pengeluaran, yang tidak penting sebaiknya dihindari.

"Ketiga, memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko, jangka waktu, dan kemampuan finansial. Salah satu produk yang memberikan manfaat relatif lebih besar dibandingkan jenis investasi lainnya seperti menabung adalah berinvestasi di Reksadana," ujar Anie dalam acara media gathering 'Milenial Mampu Berhaji dan Umroh' di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

Investasi reksadana, lanjut Anie, dikelola oleh manajer investasi dan bisa dimulai dengan nominal yang sangat terjangkau, mulai dari Rp100 ribu dengan tingkat return yang relatif lebih tinggi berkisar antara 10-20 persen untuk reksadana saham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya