Ada Kisah Sedih di Balik Nenek 77 Tahun Jadi Model

Choi Soon-Hwa.
Sumber :
  • nextshark.com

VIVA – Model merupakan salah satu pekerjaan yang diidamkan banyak wanita di dunia. Jika berbicara model tentu pikiran kita akan mengarah ke perempuan muda dengan pesonanya menawan serta postur tubuh yang semampai.

Pernah Jadi Kontroversi, Pose Song Joong Ki di Karpet Merah Baeksang Awards jadi Sorotan

Namun, baru-baru ini seorang perempuan berusia 77 tahun menjadi model profesional tertua di Korea Selatan. Dialah Choi Soon-Hwa yang dulunya bekerja di sebuah rumah sakit.

Beberapa tahun ke belakang, seperti dikutip dari situs Nextshark, Minggu, 14 Juli 2019, Korea Selatan telah melihat tren lansia menjadi model media sosial dan selebriti fesyen.

Daftar Lengkap Pemenang Baeksang Art Awards ke-60

Jaring pengaman sosial yang lemah di negara itu telah mengakibatkan hampir 45 persen lansia hidup dalam kemiskinan relatif.

Hal ini juga terjadi pada Choi yang beberapa tahun yang lalu berutang dan akhirnya menggunakan semua penghasilannya untuk melunasi semua pinjaman.

Nyolong, Sersan Gordon Black Diringkus Polisi Rusia

Namun, pada suatu waktu dia menemukan kesempatan untuk mengubah hidupnya setelah melihat iklan TV tentang model senior secara kebetulan.

Setelah mendaftar di beberapa kelas modeling, ia segera dijemput oleh agensi The Show Project. Tidak butuh waktu lama baginya untuk melakukan debut catwalk.

Choi biasa mewarnai rambutnya ketika dia bekerja di rumah sakit karena pasien tidak ingin seseorang yang “terlihat terlalu tua” untuk merawatnya.

Tapi sekarang, Choi tidak perlu lagi melakukannya, karena rambutnya yang abu-abu telah menjadi fitur yang banyak dicari oleh desainer baru.

Kim Hee-jin, seorang desainer berusia 32 tahun yang membuat pakaian untuk dewasa, berbagi bahwa dia mempekerjakan Choi untuk pertunjukan Seoul Fashion Week tahun lalu karena penampilan Choi yang unik.

"Ada sesuatu yang sangat unik tentang Choi - dia memiliki kualitas yang berbeda dari orang lain (di generasinya), dan saya pikir itu berjalan dengan baik dengan jenis orisinalitas yang saya usahakan untuk capai ketika membuat pakaian," kata Kim.

Choi telah menghadapi kesulitan sepanjang sebagian besar kehidupan dewasanya. Setelah ditinggalkan oleh suaminya, ia terpaksa menjadi orangtua tunggal untuk kedua anaknya sambil mempertahankan pekerjaan penuh waktu.

"Selama bertahun-tahun saya sebagai orangtua tunggal dari dua anak saya akan mengenakan pakaian yang sama selama 20 tahun," kenangnya.

Choi menyesalkan bahwa generasinya telah "memaksa diri mereka untuk menjadi terlalu hemat" sementara yang lebih muda menghabiskan tiga kali lebih banyak untuk pakaian dan sepatu.  Dia mengatakan sekarang adalah saatnya baginya untuk mencoba dan menjalani hidupnya sendiri. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya