Ingin Layanan Istimewa dari Pramugari? Lakukan Hal Sederhana Ini

Pramugari saat pandemi COVID-19.
Sumber :
  • instagram @airbaltic

VIVA – Jika kamu berencana bepergian dengan pesawat dalam waktu dekat, tips terbaru dari pramugari berikut ini, bakal memberikan kamu banyak keuntungan selama penerbangan. Penasaran?

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Ya, seorang pramugari senior bernama Anna, yang sudah bekerja selama hampir 15 tahun untuk maskapai ternama Kanada, membagikan tips untuk para penumpang pesawat.

Anna mengatakan, memberikan sedikit tip kepada pramugari, sebenarnya dapat membawa keuntungan bagi penumpang. Bahkan, pramugari bisa memberi kamu beberapa barang gratis selama perjalanan.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

"Dulu cukup sering, ketika kami biasa melakukan transaksi tunai. 'Simpan sisa uang recehnya', atau apalah itu," ujar Anna, dikutip VIVA dari laman Narcity, Jumat 29 Oktober 2021.

Dia lebih lanjut mengungkapkan, sebenarnya mereka yang bekerja di industri penerbangan tidak boleh menerima tip, tapi jika penumpang bersikeras terima saja.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Ilustrasi pramugari.

Photo :
  • Courtesy China Eastern Airlines

Namun, Anna mengatakan, tipping onboard sudah jarang diberikan akhir-akhir ini. Hal itu karena mayoritas transaksi kini dilakukan dengan kartu kredit. 

"Kami tidak pernah mengharapkannya. Tetapi jika orang ingin menunjukkan penghargaan kepada awak pesawat mereka, kupon Tim Hortons atau Starbucks sangat berguna," kata dia. 

Anna mengatakan, tamu stand-by seringkali tahu bahwa jika mereka membawa permen atau camilan untuk awak pesawat, seringkali bisa menghasilkan minuman gratis. 

"Saya tidak bisa menjanjikan itu. Tetapi (Anda) lebih mungkin mendapatkan minuman gratis jika ada suguhan untuk kru. Itu sangat membantu kami dan kami merasa dihargai," tutur Anna. 

Anna juga mencatat, rata-rata hanya ada 2 pilot dan tidak lebih dari 4 pramugari untuk penerbangan domestik. 

"Bahkan saat Anda mendapatkan Timmies (snack) Anda setelah melewati keamanan, sekotak Timbits mungkin saja menjadi kunci Anda untuk kegembiraan ekstra selama berada di pesawat," pungkas Anna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya