Raksasa, 10 Pesawat Terbesar dan Terpanjang di Dunia Sepanjang Sejarah

Pesawat An-225 Mriya
Pesawat An-225 Mriya
Sumber :
  • http://mashable.com

VIVA – Terdapat beberapa pesawat terbesar dan terpanjang di dunia yang masih mengudara sampai saat ini. Selain itu, terbang dengan menggunakan pesawat yang besar menjadi pengalaman yang berkesan untuk sebagian orang. Pesawat dengan badan besar ini mempunyai tingkat kenyamanan yang beda dengan pesawat yang memiliki bodi lebih kecil. Alat transportasi terbesar di dunia ini dibuat oleh pabrikan Airbus, Boeing, sampai Antonov.

Pesawat yang berbadan besar ini biasanya dipakai untuk pesawat kargo. Sementara itu, untuk pesawat penumpang mesti mempertimbangkan kapasitas dan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Kemudian pembagian kelas juga akan memengaruhi banyak sedikitnya daya angkut penumpang di dalam pesawat. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai pesawat terbesar dan terpanjang di dunia.

Lantas, Apa Saja Pesawat Terbesar dan Terpanjang di Dunia?

1. Antonov An-225 Mriya

Pesawat An-225 Mriya

Pesawat An-225 Mriya

Photo :
  • http://mashable.com

Pada sebagian besar metrik, alat transportasi udara ini merupakan sebuah pesawat terbesar dan terpanjang di dunia. Biro Desain Antonov Ukraina hanya memproduksi satu unik dari monster ini. Pesawat ini memegang gelar dari kedua pesawat terberat yang pernah dibuat. Dengan mengusung mesin enam buah, pesawat ini masih menjadi yang terpanjang.

Pesawat ini mempunyai bobot lepas landas maksimal 710 ton. Ini juga memegang rekor untuk total muatan terbesar sekitar 254 ton. Selain itu, pesawat ini juga mempunyai lebar terpanjang dari setiap pesawat terbang yang ada saat ini, yaitu 88,4 meter.