Sejarah Pohon Natal, Simbolis Pohon Cemara di Mesir dan Roma

Ilustrasi pohon natal
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sejarah pohon natal ini merupakan penggunaan simbolis pohon cemara di Mesir kuno dan Roma, kemudian berlanjut dengan tradisi Jerman pohon Natal yang diterangi lilin pertama kali dibawa ke Amerika pada 1800-an. Berikut penjelasan lengkapnya tentang sejarah pohon natal yang dikutip dari history.com.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Awal Mula Pohon Natal Dimulai

Ilustrasi pohon Natal.

Photo :
  • U-Report
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Jauh sebelum munculnya agama Kristen, tanaman dan pohon yang tetap hijau sepanjang tahun memiliki arti khusus bagi orang-orang di musim dingin. Sama seperti orang-orang dewasa ini menghiasi rumah mereka selama musim perayaan dengan pohon pinus, dan cemara. Orang-orang zaman dahulu menggantungkan dahan-dahan hijau di atas pintu dan jendela mereka. Di banyak negara diyakini bahwa pohon cemara akan mengusir penyihir, hantu, roh jahat, dan penyakit.

Tahukah Kamu? Pohon Natal Ditanam di 50 Negara Bagian Termasuk Hawaii dan Alaska

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Pohon-Pohon Natal yang Unik

Photo :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

Di belahan bumi utara, hari terpendek dan malam terpanjang dalam setahun jatuh pada 21 Desember atau 22 Desember dan disebut titik balik matahari musim dingin. Banyak orang kuno percaya bahwa matahari adalah dewa dan musim dingin datang setiap tahun karena dewa matahari menjadi sakit dan lemah. Mereka merayakan titik balik matahari karena itu berarti akhirnya dewa matahari akan mulai sembuh. Cabang-cabang yang selalu hijau mengingatkan mereka pada semua tanaman hijau yang akan tumbuh lagi ketika dewa matahari kuat dan musim panas akan kembali.

Orang Mesir kuno menyembah dewa bernama Ra, yang berkepala elang dan memakai matahari sebagai piringan menyala di mahkotanya. Pada titik balik matahari, ketika Ra mulai pulih dari penyakitnya, orang Mesir memenuhi rumah mereka dengan pohon palem hijau, yang melambangkan kemenangan hidup atas kematian bagi mereka.

Bangsa Romawi awal menandai titik balik matahari dengan pesta yang disebut Saturnalia untuk menghormati Saturnus, dewa pertanian. Bangsa Romawi tahu bahwa titik balik matahari berarti bahwa segera, pertanian dan kebun akan menjadi hijau dan berbuah. Untuk menandai kesempatan itu, mereka mendekorasi rumah dan kuil mereka dengan dahan yang selalu hijau.

Di Eropa Utara, Druid yang misterius, pendeta Celtic kuno, juga menghiasi kuil mereka dengan dahan hijau sebagai simbol kehidupan abadi. Orang-orang Viking yang garang di Skandinavia berpikir bahwa pohon cemara adalah tanaman khusus dewa matahari, Balder.

Pohon Natal Dari Jerman

Jerman dikreditkan dengan memulai tradisi pohon Natal seperti yang kita kenal sekarang pada abad ke-16 ketika orang-orang Kristen yang taat membawa pohon-pohon yang dihias ke dalam rumah mereka. Beberapa membangun piramida Natal dari kayu dan menghiasinya dengan pohon cemara dan lilin jika kayu langka. Ini adalah kepercayaan yang dipegang secara luas bahwa Martin Luther, reformator Protestan abad ke-16, pertama kali menambahkan lilin yang menyala ke pohon. 

Berjalan menuju rumahnya pada suatu malam musim dingin, menyusun khotbah, dia terpesona oleh kecemerlangan bintang yang berkelap-kelip di tengah pepohonan. Untuk menangkap kembali pemandangan untuk keluarganya, dia mendirikan sebuah pohon di ruang utama dan menghubungkan cabang-cabangnya dengan lilin yang menyala.

Siapa yang Membawa Pohon Natal ke Amerika?

Sebagian besar orang Amerika abad ke-19 menganggap pohon Natal sebagai keanehan. Catatan pertama tentang satu yang dipamerkan adalah pada tahun 1830-an oleh pemukim Jerman di Pennsylvania, meskipun pohon telah menjadi tradisi di banyak rumah Jerman jauh lebih awal. Permukiman Jerman di Pennsylvania memiliki pohon komunitas sejak tahun 1747. Namun, hingga akhir tahun 1840-an pohon Natal dilihat sebagai simbol pagan dan tidak diterima oleh kebanyakan orang Amerika.

Tidak mengherankan bahwa, seperti banyak kebiasaan Natal lainnya, pohon itu diadopsi sangat terlambat di Amerika. Bagi kaum Puritan New England, Natal adalah sakral. Gubernur kedua peziarah, William Bradford, menulis bahwa dia berusaha keras untuk menghilangkan "ejekan kafir" dari ketaatan itu, menghukum segala kesembronoan. 

Oliver Cromwell yang berpengaruh berkhotbah menentang “tradisi kafir” dari lagu-lagu Natal, pohon yang dihias, dan ekspresi gembira apa pun yang menodai “peristiwa suci itu.” Pada tahun 1659, Pengadilan Umum Massachusetts memberlakukan undang-undang yang membuat perayaan 25 Desember (selain kebaktian gereja) sebagai pelanggaran pidana; orang didenda karena menggantung dekorasi. 

Kekhidmatan yang keras itu berlanjut hingga abad ke-19, ketika masuknya imigran Jerman dan Irlandia merusak warisan Puritan. Sebuah ilustrasi dari Illustrated London News edisi Desember 1848 menunjukkan Ratu Victoria dan keluarganya mengelilingi pohon Natal.

Pada tahun 1846, bangsawan populer, Ratu Victoria dan Pangeran Jerman-nya, Albert, digambarkan di Illustrated London News berdiri bersama anak-anak mereka di sekitar pohon Natal. Tidak seperti keluarga kerajaan sebelumnya, Victoria sangat populer di kalangan rakyatnya, dan apa yang dilakukan di istana segera menjadi mode—tidak hanya di Inggris, tetapi juga di East Coast American Society yang sadar mode. Pohon Natal telah tiba.

Pada tahun 1890-an ornamen Natal tiba dari Jerman dan popularitas pohon Natal meningkat di sekitar AS. Tercatat bahwa orang Eropa menggunakan pohon kecil setinggi sekitar empat kaki, sementara orang Amerika menyukai pohon Natal mereka untuk menjangkau dari lantai ke langit-langit.

Awal abad ke-20 melihat orang Amerika mendekorasi pohon mereka terutama dengan ornamen buatan sendiri, sementara sekte Jerman-Amerika terus menggunakan apel, kacang, dan kue marzipan. Popcorn bergabung setelah diwarnai dengan warna-warna cerah dan diselingi dengan buah beri dan kacang. Listrik membawa lampu Natal, memungkinkan pohon Natal bersinar selama berhari-hari. Dengan ini, pohon Natal mulai muncul di alun-alun kota di seluruh negeri dan memiliki pohon Natal di rumah menjadi tradisi Amerika.

Pohon Natal Rockefeller Center

Pohon Rockefeller Center terletak di Rockefeller Center, barat Fifth Avenue dari 47th melalui 51st Streets di New York City.
Pohon Natal Rockefeller Center berasal dari era Depresi. Pohon tertinggi yang ditampilkan di Rockefeller Center tiba pada tahun 1948. Itu adalah pohon cemara Norwegia yang tingginya 100 kaki dan berasal dari Killingworth, Connecticut.

Pohon pertama di Rockefeller Center ditempatkan pada tahun 1931. Itu adalah pohon kecil tanpa hiasan yang ditempatkan oleh pekerja konstruksi di tengah lokasi konstruksi. Dua tahun kemudian, pohon lain ditempatkan di sana, kali ini dengan lampu. Saat ini, pohon Rockefeller Center raksasa dipenuhi dengan lebih dari 25.000 lampu Natal.

Setelah masyarakat AS mengikuti jejak Inggris menggunakan pohon cemara pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, industri pun semakin berkembang dan merambah ke berbagai negara. Termasuk industri berbagai hiasan pohon Natal seperti bola-bola yang digantung, pernak-pernik Santa Claus, tinsel (semacam tali berumbai yang dililitkan ke pohon), dan lainnya.

Karena penggunaan pohon cemara merupakan tradisi Eropa, ekspresi sukacita yang dilambangkan dengan berbagai dekorasi itu berbeda-beda di setiap negara. Indonesia dan Filipina menjadi negara yang sangat terpengaruh tradisi Eropa itu sampai akhirnya para umat Kristen membeli pohon buatan tetapi yang penting berbentuk cemara. Di Afrika Selatan keberadaan pohon Natal bukanlah sesuatu yang umum. Sementara masyarakat India, lebih memilih pohon mangga dan pohon pisang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya