7 Bacaan Istighfar Penghapus Dosa dan Keutamaannya

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Di agama Islam, diajarkan untuk membaca istighfar sebagai salah satu cara menghapus dosa. Arti istighfar adalah kalimat yang istimewa dengan banyak keutamaan yang luar biasa.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Istighfar memiliki makna memohon ampunan kepada Allah SWT. Ada 4 bacaan istighfar yang bisa dibaca umat Islam sebagaimana diriwayatkan di dalam berbagai hadist.

Istighfar singkat

Jaga Mulut! Ini Alasan Mengapa Dosa Ghibah Lebih Besar Dibandingkan Zina

Bacaan ini biasa dibaca oleh Rasulullah SAW sebanyak tiga kali setelah shalat. Bacaannya berbunyi 'Astaghfirullah'. Dalam bahasa Arab, bacaan tersebut artinya 'Aku memohon ampun kepada Allah'.

Atau Anda juga dapat membaca yang lebih panjang yakni, 'Astaghfirullahal'adhiim'. Artinya: 'Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung'.

Deretan Fitnah Dajal di Akhir Zaman yang Harus Diwaspadai oleh Manusia

Ilustrasi orang berzikir.

Photo :
  • U-Report

Istighfar penghapus dosa sebanyak buih di lautan

Diriwayatkan Imam Abu Daud ada sebuah bacaan istighfar yang dapat dibaca untuk menghapus dosa sebanyak buih di lautan. Berikut bacaan istighfar tersebut.

“Astaghfirullah alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaih”

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah. Yang tidak ada ilah kecuali Dia yang Maha Hidup lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Dan aku bertaubat kepada-Nya.

Istighfar yang sering dibaca Rasulullah

Aisyah menyebut dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, ada satu bacaan istighfar yang sering dibaca oleh Rasulullah SAW, termasuk pada saa Fathu Makkah, yaitu sebagai berikut:

"Subhanallahi wabihamdih astaghfirullah wa atuubi ilaih"

Artinya: Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya, aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya.

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

Istighfar Nabi Adam

Dalam perjalanan hidupnya, Nabi Adam pernah melakukan kesalahan dan melanggar ketentuan Allah SWT. Nabi Adam mengucapkan istighfar sebagai berikut:

"Robbana dholamna anfusana, wa illam taghfil lana wa tarhamna, lanakuunanna minal khasirin"

Artinya: Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi.

Simak bacaan istighfar lainnya beserta keutamaannya lewat tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya