Belum Terungkap, 5 Tempat Misterius di Bumi yang Ada dalam Al Quran

Tembok Besar China
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Alam semesta menyimpan berbagai rahasia yang sulit diungkapkan oleh manusia, salah satunya adalah tempat misterius di bumi yang keberadaannya masih dirahasiakan sampai saat ini. Bahkan, tempat misterius ini tertulis di dalam Al Quran. Seperti yang kita ketahui bahwa Al Quran adalah kitab suci yang didalamnya mempunyai banyak sekali petunjuk tentang alam semesta ini. Segala hal yang paling misterius dan sulit terjamah oleh manusia pun dapat ditemukan di dalam Al Quran sebagai petunjuknya. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Seperti tempat misterius di bumi sebagaimana yang dikatakan di dalam Al Quran dan sabda Rasulullah yang hingga kini masih sulit untuk dijangkau oleh manusia. Telah banyak orang yang berusaha untuk menjangkaunya, tapi tidak berhasil. Bahkan, menurut kabar yang beredar, tempat misterius ini menyimpan sejumlah rahasia yang menakjubkan. Nah, apa saja tempat misterius di bumi tersebut? Simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Tembok Yajuj dan Majuj

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Tembok Besar China.

Photo :
  • U-Report

Tempat misterius di bumi yang pertama adalah Tembok Yajuj dan Majuj. Dalam Al Quran, tembok ini dibangun oleh seorang Raja yang bernama Dzulqarnain dan sampai saat ini masih menjadi misteri tentang keberadaannya. Berdasarkan kabar yang beredar, sekitar 50 kilometer di utara Beijing, terdapat sebuah desa di kaki bukit yang diberi nama Badaling. 

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Dari tempat tersebut, para turis dari berbagai belahan dunia memasuki pintu gerbang tembok besar China. Saking tingginya, dikatakan bahwa tembok ini bisa dilihat dari bulan. Akhirnya, banyak yang menduga bahwa tembok besar China merupakan tembok yang dibangun oleh Raja Dzulqarnain seperti yang terdapat di dalam surat Al Kahfi. 

Sementara yang disebut sebagai Yajuj Majuj adalah bangsa Mongol Utara yang merusak dan menghancurkan negeri-negeri yang mereka taklukan. Syekh Hamdi bin Hamzah Abu Zaid, seorang penulis dan peneliti tentang tembok Zulkarnain mempercayai bahwa tembok yang dibangun oleh Raja Dzulqarnain merupakan tembok besar China. 

Ia juga mengatakan hal tersebut disertai dengan bukti-bukti yang ditemukan dalam bukunya. Tapi, secara material tampak perbedaan yang jelas antara tembok yang dibangun Raja Dzulqarnain dengan tembok Besar China. Tembok besar China terbuat dari susunan batu bata, sementara dalam Al Quran dikatakan bahwa tembok yang dibangun Raja Dzulqarnain terbuat dari tumpukan besi yang dicampur dengan tembaga. 

2. Pulau Dajjal Dikurung

Ilustrasi al-Masih ad-Dajjal

Photo :
  • U-Report

Dalam ajaran agama Islam, dajjal dipercaya sebagai salah satu makhluk yang muncul di akhir zaman. Tapi, sampai saat ini lokasi Dajjal dikurung tidak ada yang mengetahuinya lantaran sangat minim informasi. Sejumlah orang berpendapat bahwa Dajjal dikurung di sebuah pulau yang bernama Sokotra yang berada di Samudera Hindia. 

Kepulauan ini berada 80 kilometer sebelah timur dari Tanduk Afrika dan 380 kilometer selatan Jazirah Arab. Tapi, pendapat itu tidak mempunyai dalil yang kuat sehingga banyak ulama yang tidak setuju. Walaupun demikian, sebagai umat Islam, kita semuanya wajib mengimani kehadiran Dajjal yang akan membawa fitnah besar dan keluar di akhir zaman. 

3. Telaga Ainul Hayat

ilustrasi telaga al-kautsar.

Photo :
  • U-Report

Menurut beberapa ahli tafsir, Ainul Hayat adalah air kehidupan yang dapat memperpanjang usia manusia. Barang siapa yang meminum airnya meski hanya satu tegukan saja, maka hidupnya akan abadi. Sejumlah hikayat mengatakan bahwa usai Allah SWT menciptakan dunia, Dia menurunkan beberapa tetesan air dari surga ke dunia. 

Salah satu dari tetesan tersebut kemudian berubah menjadi sang Ainul Hayat atau si mata air keabadian yang terkenal itu. Akan tetapi, hingga saat ini tidak diketahui pasti mengenai lokasi keberadaan Ainul Hayat. Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa Dajjal pernah mandi dan minum air tersebut sehingga ia masih tetap hidup sampai saat ini. 

4. Jabal Qaaf

Ilustrasi Gunung.

Photo :
  • pixabay.com

Tempat misterius berikutnya adalah Jabal Qaaf. Diceritakan ketika Nabi Muhammad SAW pulang dari perjalanan Isra’ Miraj, beliau melihat Gunung Jabal Qaaf yang mana tampak pemandangan sangat indah. Sinar biru membelah angkasa sehingga membuat Nabi Muhammad terpesona dengan keindahan tersebut. Akhirnya Nabi mengajak Malaikat Jibril mengunjungi tempat tersebut. 

Di dalam tafsir Al-Alusi, Jabal Qaaf digambarkan sebagai sebuah gunung yang tidak tampak oleh mata manusia pada umumnya, hanya orang-orang pilihan yang dapat melihatnya. Gunung tersebut jarang diketahui oleh orang-orang. Di dalam Al Quran sendiri, Jabal Qaaf diabadikan dalam sebuah surat Qaaf. Tapi, sampai saat ini tidak ada orang yang mengetahuinya. 

5. Sumur Barhut

Ilustrasi wakaf sumur sebagai amalan jariyah

Photo :
  • pexels by Frans Van Heerden

Sejumlah tempat yang ada di bumi menyisakan misteri yang belum dijelajahi oleh peneliti, termasuk sumur Barhut. Tempat misterius ini dipercaya bukan digali oleh manusia tapi dengan bantuan bangsa jin. Bahkan, sumur ini dikatakan sebagai sumber yang paling buruk di dunia. Ini juga merupakan tempat berkumpulnya ruh orang kafir. 

Barhut sendiri merupakan legenda yang masih banyak diperdebatkan sampai saat ini, termasuk apakah menjadi tempat disimpannya ruh orang kafir. Lokasi sumur ini terletak di lembah padang pasir yang bernama Barhaut, Hadramaut, Yaman. Banyak yang mengatakan bahwa lokasi ini adalah awal mula kehancuran dunia dan menjadi tempat yang paling tidak bisa ditinggali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya