Mau Bikin Podcast? Ini Salah Satu Konten yang Paling Banyak Dicari

Ilustrasi podcast.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Menurut Global Web Index (GWI), Indonesia menempati urutan kedua untuk pendengar podcast terbanyak di dunia pada kuartal ketiga tahun 2021. Sebanyak 35,6 persen pengguna internet mendengarkan podcast setiap minggunya. 

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Lebih lanjut, survei jaringan Box2Box pada tahun 2020 juga mengungkapkan bahwa podcast bertema olahraga termasuk salah satu konten yang paling banyak dicari.

Atas dasar itulah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast terbaru yang mengangkat tema olahraga. 

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Program peningkatan keterampilan khusus melalui program podcast gratis ini akan diadakan secara daring mulai 19 Maret hingga 3 April 2022 dan akan melibatkan berbagai narasumber terkemuka.

Ilustrasi podcast.

Photo :
  • Freepik
Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Direktur Aptika Kekominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan, menjawab pertumbuhan yang pesat, mereka melihat literasi digital sebagai komponen kunci yang harus dimiliki setiap pembuat konten agar dapat menghasilkan karya yang berdampak positif. 

"Kami percaya bahwa inisiatif ini akan menghadirkan tolak ukur baru, khususnya dalam memahami literasi digital, untuk terus membangun industri pembuatan konten di masa depan," ujar Semuel dalam keterangannya, Kamis 17 Maret 2022.

Sebagai rangkaian kedua dari Kelas Podcast Siberkreasi 2022, kelas podcast ini akan mengupas dasar-dasar pembuatan podcast audio yang berkualitas, dengan aplikasi khusus untuk membuat podcast bertema olahraga. 

Kelas-kelas tersebut tidak hanya menargetkan masyarakat umum, tetapi juga komunitas dan klub, termasuk klub olahraga yang tertarik untuk merilis podcast bertema olahraga.

Ilustrasi podcast

Photo :

Sesi pertama dari kelas podcast bertajuk 'Pengantar Podcast untuk Olahraga' ini akan diselenggarakan pada Sabtu 19 Maret 2022 dengan menghadirkan Tio Utomo, pendiri Box2Box Podcast Network sebagai pembicara utama. 

Sesi kedua yang akan dilaksanakan pada Minggu 20 Maret 2022 akan lebih mendalami topik 'Tips dan Trik Menjadi Podcaster Olahraga', yang akan dipandu oleh Randy Arbiyantama dan Febri Aryadi, Host podcast Retropus.

Selanjutnya peserta juga akan diajak untuk 'Memahami Etika Podcaster di Dunia Olahraga' untuk sesi ketiga yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Maret 2022. Sesi keempat, yaitu 'Modal Komentator Olahraga: Boleh Provokatif Asal Tetap Suportif,' akan dilaksanakan pada Minggu, 27 Maret 2022.

Sesi lima dan enam untuk serial ini akan dilaksanakan pada Minggu pertama di minggu pertama April yang jatuh pada 2 dan 3 April 2022. Sesi tersebut bertajuk 'Promosi Podcast di Media Sosial' dan 'Sudah Siap Menjadi Podcaster Olahraga.'

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya