6 Hafiz Quran Dunia Suaranya Bikin Damai, Nomor 5 dari Amerika

Khalid Abu Musa, Palestina
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Ada beberapa hafiz Quran dunia yang terkenal karena mempunyai suara merdu dan menyejukkan hati. Al Quran sendiri selain dibaca dan dipahami isi serta cara mengamalkannya, ada sebuah hal yang menjadi keharusan umat Islam terhadap Al Quran, yaitu menghafalkannya. Hafal 30 juz Al Quran di luar kepala bukanlah sebuah hal yang mustahil, karena para sahabat sudah membuktikannya. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Di masa sekarang, sudah banyak ulama dan para tokoh agama yang bergelar hafiz quran. Bukan hanya orang dewasa, tapi anak kecil juga bahkan dapat menghafalkan Al Quran, bahkan sampai mempunyai gelar hafiz. Tidak jarang gelar tersebut dapat mengharumkan nama mereka sampai terkenal luas di masyarakat setempat dan bahkan di seluruh dunia lho. Jadi, jangan takut untuk menghafalkan dan melantunkan Al Quran. 

Berbicara mengenai hafiz quran atau sosok penghafal Al Quran ini yang namanya sudah dikenal oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya dikenal publik, tapi nama-nama dari pemuda ini juga menjadi idola sampai membuat siapa saja terkesima lantaran hidayah yang ada dalam diri mereka sendiri. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan tentang hafiz Quran. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

1. Khalid Abu Musa, Palestina

Khalid Abu Musa, Palestina

Photo :
  • Tangkapan Layar
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Khalid merupakan salah seorang anak muda fenomenal yang hafal Al Quran sejak usianya baru 10 tahun. Khalid juga seorang anak yang berasal dari Palestina dengan kondisi Autisme. Walaupun mengalami autisme, hafiz Quran dunia ini sangat mencintai Al Quran. Bahkan, ia dapat menghafal dan mempelajari isi Al Quran dalam waktu yang singkat di usianya yang masih cukup belia. 

Walaupun mempunyai perbedaan dengan anak-anak pada umumnya, Khalid tidak mengeluh dengan hal tersebut. Ia malah memperlihatkan kepada dunia bahwa perbedaan yang dimiliki oleh dirinya bukan penghalang untuk dirinya dan malah menjadi kebaikan tak terduga yaitu dengan menjadi seorang hafiz Quran dunia. 

2. Muadz, Mesir

Muadz, Mesir

Photo :
  • Tangkapan Layar

Muadz, adalah seorang anak penyandang tuna netra yang berasal dari Mesir. Sejak usia 4 tahun, hafiz Quran dunia ini sudah belajar menghafal Al Quran. Walaupun ia mempunyai kekurangan fisik yaitu yaitu kebutaan, tidak membuat Muadz mengeluh untuk selalu belajar dan menghafal Al Quran. 

Muadz menjadi hafiz di usianya yang ke-11 tahun. Tidak tanggung-tanggung, ia berhasil hafal 30 juz Al Quran. Meski usianya yang masih muda, ia berhasil mencatatkan namanya ke dalam jajaran nama anak paling mengagumkan di dunia. Muadz juga menjadi anak yang menginspirasi untuk semua orang terutama umat muslim dunia. 

3. Sayyid Muhammad Husein Tabataba'I, Iran

Sayyid Muhammad Husein

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sayyid dapat disebut sebagai bocah ajaib yang berasal dari Iran. Bagaimana tidak, di usianya yang baru menginjak lima tahun anak ini sudah bisa menghafal 30 juz Al Quran. Bahkan, ia juga berhasil meraih gelar doktor honoris causa dengan bidang science of retonation of the holy Quran College Islamic University, Inggris di usianya yang ke-7 tahun. 

Bukan hanya bisa menghafal Al Quran, hafiz Quran dunia ini juga dapat menerjemahkan isi setiap ayat Al Quran dengan memakai bahasa sehari-hari yaitu bahasa Persia. Sayyid ini lahir tanggal 16 Januari 1991 dan kini usianya sudah menginjak 31 tahun. Ia menjadi sosok yang paling fenomenal sekaligus disegani alim ulama di negeri asalnya dan dunia. 

4. Syarifudin Khalifah, Tanzania

Syarifudin Khalifah, Tanzania

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Syarifudin kini sudah berusia 23 tahun. Ia adalah seorang hafiz Quran dunia yang berasal dari Tanzania, Afrika Timur. Sejak kecil, dirinya memang dikenal sebagai bocah ajaib karena berasal dari keluarga Katolik, tapi sudah menghafal 30 juz Al Quran dan melaksanakan sholat lima waktu sejak usia 1,5 tahun. Bukan hanya hafal Al Quran, ia jga hafal isi kitab injil sejak belia. 

Mulanya, orang tua Syarifudin mengira bahwa anak tersebut dikuasai makhluk halus. Tapi, setelah mengetahui bahwa anaknya tersebut hafal Al Quran dan memahami ajaran agama Islam, orang tuanya memeluk Islam. Di usia 5 tahun, ia berdakwah kepada ribuan orang di Afrika sampai membuat orang tersebut masuk Islam.

5. Fatih Seferagic, Amerika Serikat

Fatih Seferagic, Amerika Serikat

Photo :
  • Tangkapan Layar

Fatih adalah salah seorang pemuda yang lahir pada 2 Maret 1995. Ia merupakan seorang pemuda yang lahir di Jerman tapi tinggal di Amerika Serikat dan sukses menjadi seorang hafiz Quran dunia di usianya yang masih belia yaitu 12 tahun. Saat melantunkan ayat suci Al Quran, suaranya sangat merdu dan menenangkan. Pembawaannya sopan, santun, dan menyenangkan ditambah dengan parasnya yang tampan dengan senyum yang menawan. 

6. Musa, Indonesia

Musa La Ode Abu Hanafi

Photo :
  • IG @jokowi

Musa adalah seorang anak kecil yang lahir tanggal 26 Juli 2008 di Bangka dan menjadi hafiz Quran dunia yang berasal dari Indonesia. Selain menghafalkan ayat suci Al Quran, ia juga menghafal matan-matan hadi penting, contohnya adalah Arbain Nawawi dan lain sebagainya.

Nama Musa mulai dikenal oleh banyak orang, baik dalam negeri maupun luar negeri setelah mengikuti dan mendapatkan juara pertama dalam program Hafiz Indonesia 2014. Ia juga menjadi juara ke-3 dalam Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Sharm El-Sheikh, Mesir, tahun 2016 silam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya