7 Mitos Sunda Paling Aneh dan Terkenal, No 3 Susah Dapat Jodoh

Lukisan Nyi Roro Kidul.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa mitos Sunda yang paling aneh dan terkenal di kalangan masyarakat tradisional dan bahkan sampai masyarakat modern sekalipun. Mitos-mitos tersebut terus dilestarikan secara turun-temurun lewat lisan. Mitos ini dihubungkan dengan sebab-akibat yang sebetulnya kurang rasional dan tidak terbukti selalu benar. Mitos-mitos ini biasanya diciptakan oleh seseorang yang tidak diketahui dengan maksud nasehat atau larangan. 

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Akan tetapi, beberapa mitos dikemas dengan sangat horor sehingga bisa membuat seseorang dalam kelompok masyarakat tertentu yang meyakini mitos tersebut menjadi ketakutan dan tidak untuk melakukannya. Namun, pada era kemajuan teknologi saat ini mitos terus mengalami kelunturan, terutama untuk masyarakat urban. Kemajuan teknologi mampu membawa modernisasi, globalisasi, sampai westernisasi jadi faktor utama mitos tersebut luntur. 

Mitos ini dipandang sebagai bualan saja dan bahkan sejumlah agama mengajarkan kita untuk tidak meyakini mitos karena termasuk ke dalam perbuatan syirik. Kebenaran mitos ini tidak absolut dan bukan untuk diyakini kebenarannya secara dogmatis. Mitos hadir sebagai bagian dari budaya yang perlu dilestarikan. Nah, berikut adalah ulasan tentang mitos Sunda yang paling aneh dan terkenal yang disadur dari berbagai sumber. 

Warga Terdampak Ledakan Gudmurah Belum Terima Ganti Rugi, Bey Machmudin Bilang Begini

1. Bersiul di Malam Hari

Bersiul.

Photo :
  • U-Report
Demi Gaya Hidup Mewah, 9 Perempuan Terlibat Sindikat Narkoba Tempel di Denpasar

Mitos Sunda yang paling aneh dan terkenal berikutnya adalah bersiul di malam hari. Bila seseorang membunyikan siulan di malam hari maka makhluk-makhluk halus akan datang dan mengganggu. Hal ini karena anggapan tersebut bahwa makhluk halus senang dengan suara siulan. 

Namun, mitos yang satu ini merupakan sebuah pantangan yang sebaiknya tak dilakukan lantaran berkaitan erat dengan etika masyarakat Sunda. Bersiul dipandang sebagai sebuah perbuatan tidak sopan jika dilakukan di depan orang yang lebih dewasa. 

2. Potong Kuku di Malam Hari

ilustrasi memotong kuku

Photo :
  • U-Report

Mungkin mitos Sunda yang paling aneh dan terkenal ini bukan hanya terkenal di Jawa Barat, tapi beberapa daerah di Tanah Air. Potong kuku di malam hari dimitoskan akan memengaruhi jiwa seseorang. Orang yang memotong kuku malam hari akan dianggap gila, stres, dan tidak bahagia. 

Sebenarnya sikap tersebut tidak ada kaitannya dengan ilmu psikologis. Perilaku memotong kuku di malam hari adalah sebuah nasehat supaya tidak melukai jari-jari kuku lantaran pencahayaan di malam hari yang kurang. 

3. Duduk di Depan Pintu

Ilustrasi menutup pintu.

Photo :
  • U-Report

Dalam masyarakat Sunda, duduk di depan pintu adalah sebuah mitos yang akan membawa seseorang kesulitan dalam menemukan jodoh. Orang yang duduk tersebut dimitoskan akan terlambat bertemu dengan jodoh sampai usia lanjut. Mitos ini mempunyai tujuan untuk melarang anak-anak, terutama perempuan supaya tidak duduk di depan pintu karena akan menghalangi orang yang akan masuk ke dalam atau keluar ruangan. 

4. Anak Gadis yang Tidak Bersih

Ciri wanita tak perawan

Photo :
  • U-Report

Dalam masyarakat Sunda, ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa perempuan yang tidak bisa merawat atau menjaga kebersihan tubuhnya, maka ia akan mempunyai suami yang brewok. Mitos ini tentu membuat takut beberapa perempuan yang pada akhirnya mereka akan selalu menjaga kebersihan. 

Mitos Sunda yang paling aneh dan terkenal ini pernah berlaku karena mitos ketampanan di zaman dahulu atau wajah yang bersih tanpa brewok. Pada zaman itu, brewok dipandang sebagai simbol kekotoran dan kesemrawutan. 

5. Menggunakan Baju Hijau di Pantai Selatan

lukisan nyi roro kidul.

Photo :
  • U-Report

Mitos yang satu ini mungkin bukan hanya terkenal pantai selatan daerah Jawa Barat saja, tapi seluruh pantai selatan di Jawa. Penghuni Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul, diceritakan mempunyai kesukaan terhadap warna hijau. Pengunjung yang datang ke pantai Selatan dengan memakai fesyen berwarna hijau ini dimitoskan akan dibawa oleh Nyi Roro Kidul ke laut. 

Hingga kini, belum ada penjelasan secara ilmiah terkait dengan mitos tersebut. Mitos ini sangat kental dengan cocoklogi kasus yang terseret arus laut yang kebetulan memakai baju berwarna hijau. 

6. Tidak Mengubur Kucing Hitam yang Tertabrak

Kucing hitam.

Photo :
  • U-Report

Dalam sejarah, hewan yang satu ini adalah yang paling akrab dengan manusia. Karena itu, kucing sangat disayangi oleh banyak orang, termasuk masyarakat Sunda. Di zaman dulu, kucing berwarna hitam sangat dikeramatkan karena diyakini sebagai jelmaan dari iblis atau roh leluhur. 

Melukai kucing hitam sampai membunuhnya tanpa alasan yang jelas bisa membawa kesialan untuk orang yang melakukannya. Mitos ini menjelaskan bahwa orang yang menabrak kucing hitam tidak menguburkannya maka orang itu akan mendapatkan kesialan. 

7. Tidur Tengkurap dengan Kaki Diangkat ke Atas

Tidur Tengkurap

Photo :
  • Pixabay/Wokandapix

Mitos yang satu ini begitu ditakuti oleh anak-anak karena berhubungan dengan ibu mereka. Tidur tengkurap ini adalah mitos Sunda yang paling aneh dan terkenal karena menyatakan bahwa bisa membuat ibu mereka meninggal dunia. 

Entah apa tujuan dari mitos yang satu ini. Terpenting mitos ini memiliki maksud supaya menghormati para orang tua dengan tidak melakukan pantangan dan memiliki kelakuan yang terpuji. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya