Ternyata Ini 7 Alasan Kamu Tidak Dihargai Orang Lain Sampai Jadi Down

Depresi
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Ternyata ada beberapa alasan kamu tidak dihargai orang lain yang bisa sangat menyakitkan. Bukan tidak mungkin kamu pernah berada dalam sebuah titik yang mana rasanya tidak ada yang menghargai usaha dan kerja keras selama ini yang sudah dilakukan. Hati-hati perasaan sejenis ini dapat menyakiti mental kamu dan juga bisa membuat semangat perjuangan kamu juga semakin merosot. Lebih parah lagi bila kamu tidak melakukan apa pun untuk mengetahui dari mana perasaan diabaikan tersebut. 

Sebut Ria Ricis Istri Durhaka, Ini Pembelaan Teuku Ryan

Sebab, bila kamu membiarkan hal tersebut mengendap di dalam pikiran, perasaan tidak dihargai ini akan menjerumuskan kamu ke dalam rasa malas, kecewa kepada diri sendiri, dan muncul berbagai emosi negatif yang lain. Terdapat dua kemungkinan, orang lain yang salah atau diri kita sendiri yang salah. Fakta menyatakan bahwa penyebab seseorang tidak dihargai oleh orang lain mayoritas adalah kesalahan diri sendiri. Nah, berikut adalah pembahasan tentang alasan kamu tidak dihargai orang lain yang disadur dari Verywellmind.

1. Lingkungan yang Tidak Mendukung

Mengenal Tantrum Manipulatif dan Tantrum Frustasi pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Ilustrasi pertemanan.

Photo :
  • U-Report

Alasan kamu tidak dihargai orang lain yang pertama dapat berasal dari luar diri kamu sendiri, seperti lingkungan. Kamu menjadi tidak merasa dihargai oleh lingkungan sekitar, seperti keluarga, kerabat, teman, sampai pasangan kamu. Mereka tidak memberikan dukungan atas apa yang sudah kamu lakukan. Bila sudah begini, wajar sekali bila perasaan kamu jadi down

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Solusinya adalah kamu harus membicarakan tentang hal tersebut dengan orang-orang yang ada di sekitar. Kemudian ditambah pula dengan kamu yang harus meningkatkan rasa percaya diri supaya cukup dirimu sendiri yang menyemangati dan mengapresiasi perjuangan kamu tanpa terlalu memperhatikan pendapat dari dunia luar. 

2. Kurangnya Rasa Cinta Diri

Wanita menyendiri.

Photo :
  • vstory

Kekurangan rasa cinta diri juga akan membuat kamu selalu bergantung dengan orang lain. Akibatnya, perasaan diabaikan dan tidak dihargai oleh orang lain lebih mudah menyerang saat apa yang dilakukan tidak diapresiasi seperti yang diharapkan. 

Padahal, yang paling penting adalah tentang bagaimana kamu memperlakukan diri sendiri. Mulai sekarang, cobalah tingkatkan rasa cinta kepada diri sendiri. Kemudian kamu lihat seberapa berubah sudut pandang kamu terhadap banyak hal. 

3. Mudah Dipengaruhi oleh Orang Lain

Persahabatan.

Photo :
  • U-Report

Alasan kamu tidak dihargai orang lain adalah kombinasi antara pihak eksternal dan internal. Yaitu saat ada banyak orang yang berkomentar negatif dan kamu sangat mudah untuk dipengaruhi dengan nyinyiran tersebut. Bila kamu membiarkan terjebak seperti ini, kamu akan kesulitan membangun mimpi dan impian kamu. Cobalah lebih kuat tentang tekad dan abaikan orang lain. 

Ketika kamu tengah mengusahakan sesuatu atau bekerja keras demi meraih mimpi yang dicita-citakan, perasaan negatif tentu akan langsung menyerang. Salah satunya seperti rasa tidak dihargai. Tugas kamu adalah hanya mencari tahu penyebabnya, kemudian menyembuhkannya supaya rasa sejenis itu tidak lagi menjadi pengganggu. 

4. Tetapkan Batasan

Menyendiri juga mengasyikkan.

Photo :
  • U-Report

Orang yang tidak pernah dihargai oleh orang lain biasanya karena tak membuat batasan kepada orang lain terhadap sesuatu. Dia membiarkan orang lain melakukan apa yang mereka sukai dengan alasan tidak enak atau takut melukai perasaannya. Dia lupa bahwa dirinya juga memiliki perasaan yang harus diperhatikan. 

Kamu hanya perlu menegur dan memperingati mereka serta jangan terbawa emosi. Sampaikan dengan baik dan berikan penjelasan yang runut tanpa harus marah. Bila persahabatan justru malah hancur, maka biarkan saja. Berarti selama ini orang tersebut sebetulnya tidak peduli. Jangan pedulikan orang lain yang tidak peduli dengan diri kamu. 

5. Melakukan Sikap Baik Jangan Setiap Saat

Berbuat Baik

Photo :
  • U-Report

Alasan kamu tidak dihargai orang lain berikutnya adalah jangan terlalu sering melakukan sikap baik. Banyak orang yang rela mengorbankan kebahagiaan hidupnya supaya melihat orang lain senang. Misalnya seseorang rela pergi nongkrong lantaran ajakan teman-temannya, padahal sedang ingin santai di rumah, dia juga berusaha untuk senyum dan tertawa supaya kesedihan orang lain hilang. 

6. Masa Lalu yang Traumatis

Wanita menyendiri.

Photo :
  • U-Report

Tidak melulu berasal dari diri sendiri alasan kamu tidak dihargai orang lain dapat berasal dari masa lalu yang pahit dan belum bisa dilupakan sepenuhnya. Trauma di masa lalu ini memang dapat memengaruhi kehidupan kita di masa kini bila tidak digali dengan tuntas dan tidak dicari solusinya. Bila itu adalah penyebabnya, maka ada baiknya kamu berkonsultasi dengan ahlinya, seperti psikolog.

7. Kurang Mengenal Diri Sendiri

Pria menyendiri.

Photo :
  • U-Report

Perasaan tidak dihargai juga dapat muncul saat kamu kurang mengenali diri sendiri. Kamu merasa harus ada dukungan dan dorongan dari orang lain lantaran tidak yakin bahwa kamu dapat sukses melakukan hal tersebut sendirian. Kamu tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak dapat menelaah seberapa hebat sebenarnya diri kamu.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya