Garap Aransemen Lagu AC Milan, Rumah Angklung Diundang ke Italia

Rumah Angklung aransemen jingle klub AC Milan
Sumber :
  • ist

VIVA – Angklung merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia dan menjadi kebanggaan tersendiri karena menjadi identitasnya di mata dunia. Angklung juga telah diakui Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia sejak 16 November 2010.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Sejak beberapa tahun belakangan ini, pertunjukan musik angklung sendiri sudah Go internasional. Sebut saja pada acara peringatan ke-69 UNESCO di tahun 2015 lalu hingga acara jambore pramuka dunia di 2011 lalu.

Tidak hanya itu saja, salah satu klub sepakbola terpopuler dunia, AC Milan juga tertarik dengan musik angklung.

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Rumah Angklung aransemen jingle klub AC Milan

Photo :
  • ist

Momen ini terjadi pada 2018 lalu, saat founder Rumah Angklung, Arif Sarifudin yang merupakan fans berat AC Milan mencoba untuk memberikan dukungan untuk klub sepakbola kesayangannya dengan mengaransemen lagu anthem AC Milan yang berjudul “Milan Milan (Inno AC Milan)” menggunakan Angklung.

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Ia kemudian mengajak anggota komunitas Rumah Angklung untuk memainkan lagu tersebut dan mempostingnya di media sosial.

Respons positif diterima dari pecinta AC Milan di Indonesia yang tergabung dalam Milanisti Indonesia. Dan tak disangka ternyata pihak AC Milan juga merepost karya mereka di akun Instagram resmi AC Milan pada hari musik dunia.

Tahun 2021, Rumah Angklung dan Milanisti Indonesia mengeluarkan single berjudul Milano Siamo Noi sebagai hadiah spesial untuk AC Milan yang kembali masuk ke kompetisi Liga Champions setelah absen selama 7 tahun. Karya ini kembali diapresiasi, dan AC MIlan memposting melalui akun sosial media mereka.

Bulan April ini, Rumah Angklung kembali dikejutkan oleh manajemen AC Milan dengan datangnya undangan untuk tampil secara langsung di Casa Milan. Penampilan mereka akan direkam AC Milan Media House yang kemudian rencananya akan dipublish di sosial media AC Milan.

"Bisa direspon melalui sosial media aja kita udah senang banget, apalagi di email dan dikirim undangan langsung oleh manajemen AC Milan. Salut banget sama AC Milan yang sangat mengapresiasi fans mereka,” kata President of Rumah Angklung Indonesia, Arny Dulishaputri dalam keterangannya.

Dia melanjutkan, bahwa momen ini bisa menjadi pengingat bahwa Indonesia bisa dilihat dan dihargai oleh dunia secara positif dengan menggunakan seni budaya.

“Sebenarnya ini bisa jadi pengingat kita bahwa Indonesia bisa dilihat dan dihargai oleh dunia secara positif dengan menggunakan seni budaya kita sendiri. Tinggal bagaimana kita berkreasi dan berinovasi. Sekarang doakan aja nih kita bisa dapet sponsor dan dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah dalam waktu yang singkat, Rencana nya kita juga akan sekalian bikin video clip Milano Siamo Noi di sana,” kata dia melanjutkan.

Sementara itu, stand up comedian, Marshel Widianto dan Oki Rengga yang juga member Milanisti Indonesia juga turut bangga dengan pencapaian Rumah Angklung. Mereka sangat mendukung prestasi ini.

"Keren banget sih temen-temen dari Rumah Angklung. Mereka tuh konsisten dengan yang mereka kerjakan sampe akhirnya diundang AC Milan. Itu WOW banget! Prestasi kayak gini, keterlaluan sih klo ngga kita dukung. Gw rencananya akan ikut dukung mereka bareng - bareng di Milan," ucap Marshel Widianto.

"Semua yang dikerjakan dari hati pasti sampai pesannya dan teman - teman Rumah Angklung sudah melakukan itu. Sampai ketemu di San Siro nanti! FORZA MILAN!," ucap Oki Rengga menanggapi dengan semangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya