Menarik, Inilah 4 Suku Mirip Batak di India

Orang Batak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Suku mirip Batak di India? Mungkin terdengar aneh dan banyak yang kurang meyakini dengan kebenarannya. Jika ternyata di India memang terdapat sebuah budaya, bahasa, cara hidup, bahkan hingga pakaian tradisional yang benar-benar menyerupai  dengan salah satu suku yang ada di Indonesia yakni Batak. 

5 Suku Terbesar di Indonesia, Suku Jawa Menduduki Peringkat 1

Tidak banyak yang tahu, jika ternyata ada banyak cerita menarik tentang asal-usul orang Batak. Di mana, ada sebagian yang mengatakan jika dahulu ternyata orang Batak itu berasal dari India alias dari daerah Timur Laut India. Namun sayang, ternyata cerita tersebut hanya sebatas anggapan saja. Hingga kini tidak ada penelitian lebih lanjut yang membahas kebenaran cerita tersebut.

Banyak yang menyanggah cerita tersebut, lantaran kebanyakan peneliti bahkan sebagian orang Batak sendiri meyakini, bahwa orang Batak berasal dari Yunnan di China Selatan. Selain itu ada juga teori yang mengatakan jika orang Batak berasal dari daerah Formosa atau Burma.

Kisah Mualaf, Awalnya Lihat Islam Negatif sampai Ramalan Zodiak

Tarian Batak Toba

Photo :
  • Antara/ Irsan Mulyadi

Meskipun hanya sebatas cerita, namun tidak ada salahnya jika kita melihat beberapa kemiripan suku Batak yang bisa kita bisa temukan di India dan ternyata juga memiliki ras Mongoloid. 

5 Mitos dan Fakta Adat Batak yang Menarik Perhatian Banyak Orang

Suku khas Sumatera ini memiliki banyak tradisi unik yang bisa membedakannya dengan suku lain. Keunikan dan kekhasan suku Batak pastinya sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia, sehingga tidak heran jika suku Batak sering kali didatangi para bule.

Bicara tentang Batak, tidak banyak yang tahu jika ternyata bukan Indonesia satu-satunya negara yang memiliki suku seperti ini. Kenyataannya, banyak di luar sana terdapat suku yang benar-benar mirip dengan yang ada di Batak.

Mulai dari cara berpakaian, berbicara, pakaian tradisional, adat, dan lainnya. Lantas, di manakah kita bisa menemui suku mirip Batak tersebut? India jawabannya. Untuk mengurangi rasa penasaran Anda, berikut ini sudah kami rangkum empat suku mirip Batak di India yang menarik ditelusuri.

1. Suku Mizo

Suku Mizo merupakan salah satu suku yang hidup di Mizoram, yakni salah satu negara bagian yang ada di India.


Suku Mizo tergolong keturunan ras mongoloid. Mizo merupakan salah satu suku yang menganut agama Kristen Protestan. 

Tergolong keturunan ras Mongoloid, suku Mizo terdiri dari sebuah masyarakat pertanian yang terdiri dari 750.000 orang.  

Hal menarik yang bisa kita ketahui dari suku Mizo adalah, mereka menjadi salah satu bangsa yang telah diidentifikasikan sebagai salah satu dari sepuluh suku Israel yang telah hilang.

Suku Mizo memiliki pakaian tradisional yang benar-benar mirip dengan pakaian etnis Batak di Indonesia. Tidak hanya pakaiannya saja, namun kain yang dikenakannya di bahu juga memiliki kemiripan dengan ulosnya milik orang Batak.

Dari segi karakater, suku Mizo memiliki kemiripan yang tidak ada bedanya dengan orang Batak. Bahkan rumah tradisional yang ada di sana juga bisa dibilang mirip dengan yang ada di Batak.

Tak hanya sampai situ saja, wanita-wanita dari suku Mizo ini juga terkenal cantik-cantik, sama seperti gadis-gadis Batak yang bikin pria jatuh cinta itu.

2. Suku Monsang

Monsang merupakan salah satu yang tinggal di Chandel, sebuah kabupaten di India.  Suku Monsang merupakan salah satu suku dari kelompok Naga. Populasi suku Monsang pada 1981 terdapat 1.139 orang.

Monsal sendiri berasal dari nama desa mereka sendiri yaitu desa Mosang yang diambil dari bahasa Meitei. Suku Monsang hidup berada di kabupaten Chandel. Dimana kabupaten Chandel terdiri dari 5 desa, yaitu desa Liwachaning, Heibunglok, Liwa Sarei, Japhou dan Mosang Pantha. 

Bahasa suku Monsang sama dengan suku Anal. Tidak hanya itu, mereka juga mampu menggunakan bahasa Meiteilon saat berkomunikasi dengan beberapa suku lainnya, seperti beberapa di antaranya  suku Tangkhul, suku Maring, suku Thadou dan masyarakat lainnya. 

Sejak tahun 1920, suku Monsang menganut kepercayaan lamanya yang animisme dan kemudian berpindah memeluk kepercayaan agama Kristen.

Tidak hanya orang Batak yang memiliki marga dan silsilah (tarombo), namun suku Monsang ternyata juga punya. Suku Monsang memiliki sistem kekerabatan yang mirip dengan orang Batak. 

Kemiripan lainnya juga terdapat pada kain tradisional dan salah satu tariannya yang ada di Batak. 

3. Suku Mate

Suku Mate merupakan komunitas adat yang berada di Manipur India. Suku di India ini menganut kepercayaan Kristen. Aliran gereja tumbuh pesat di kalangan suku Mate dan banyak denominasi gereja seperti Katolik Roma, Kuki Gereja Kristen, Injili Congregational Church, Kuki Baptist Convention dan Fellowship of Bible Church of India (FBCI). 

Suku Mate juga memiliki kemiripan dengan suku yang ada di Batak. Mereka memiliki tradisi dan karakter yang mirip dengan orang Batak. Sama seperti suku-suku India di atas, suku Mate juga memiliki pakaian tradisional yang sama dengan orang Batak. 

Meskipun memiliki gaya dan cara bicaranya sama, suku Mate memiliki kosa kata dan bahasa yang benar-benar berbeda dari Batak kita.

4. Suku Koireng

Dulu suku Koireng dikenal dengan Kolram, tanah Timur yang diyakini sama dengan keadaan Karen di Burma Timur (Kini Myanmar). Suku Koireng memiliki pakaian suku yang sangat mirip dengan pakaian orang Batak pada saat era Sisingamangaraja.  Di mana corak dan bahan dasarnya sangatlah mirip dan tidak terlihat berbeda. Salah satu suku yang ada di negara India ini, memiliki populasi yang cukup banyak. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya