5 Suku Terbesar di Indonesia, Suku Jawa Menduduki Peringkat 1

Suku Tengger, suku yang mendiami dataran tinggi Broto Tengger Semeru, Jawa Timur
Sumber :
  • nusantara.news

VIVA – Indonesia adalah negara kepulauan yang luas dengan banyak suku yang berasal dari Sabang hingga Merauke. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suku bangsa adalah kelompok sosial yang dapat dibedakan dari kelompok sosial lain karena kesadaran identitas perbedaan kebudayaan, terutama bahasa, yang membedakan mereka satu sama lain.

Pahami Secara Benar, Ini 10 Langkah Pengajuan Kredit Kendaraan Bermotor

Menurut data Sensus Penduduk (SP) tahun 2010 dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Lebih tepatnya, Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa di Tanah Air.

Suku Tengger, suku yang mendiami dataran tinggi Broto Tengger Semeru, Jawa Timur

Photo :
  • nusantara.news
Bank Sentral Jepang Naikkan Suku Bunga, BI Pastikan Tak Berdampak Besar ke Indonesia

Data ini menunjukkan bahwa beberapa suku di Indonesia memiliki populasi terbesar, dilansir dari Goodstats

1. Suku Jawa

BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6 Persen, Ini Pertimbangannya

Menurut data BPS tahun 2010, jumlah Suku Jawa di Indonesia mencapai 95.217.022 orang atau 40,22 persen dari total populasi.

Mayoritas orang Jawa tinggal di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Mereka juga tinggal di beberapa daerah lain, seperti Jakarta, Banten, Lampung, dan Sumatera. Beberapa juga bermigrasi ke luar negeri, seperti Suriname dan Malaysia.

Orang Sunda adalah suku kedua terbesar di Indonesia dengan 36.701.670 orang atau 15% dari total penduduk Indonesia. Orang-orang ini tinggal di banyak wilayah di Indonesia, seperti Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Banyak warisan budaya yang masih ada di masyarakat Sunda. Alat musik kecapi, kesenian sisingaan, wayang golek, dan tarian khas adalah beberapa contohnya.

Menurut data SP 2010 BPS, Suku Batak, yang berada di Sumatra Utara, memiliki populasi terbesar di Indonesia, dengan 8.466.969 jiwa, atau 3,58% dari total penduduk.

Sejarah Batak, Peradaban Batak dimulai sebagai ras Proto Melayu (Melayu Tua) lebih dari 3.000 tahun lalu.

Dengan 7.634.262 orang, atau 3,22 persen dari total penduduk Indonesia, suku Sulawesi adalah yang terbesar keempat.

Beberapa suku di Sulawesi adalah Bugis, Mandar, Toraja, Makassar, Buton, Minahasa, Talaud, dan Balaesang.

Suku Kajang atau Adat Ammatoa di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Photo :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

Selanjutnya, Suku Madura berada di peringkat lima besar, dengan 7.179.356 orang, atau 3,03% dari total penduduk Indonesia. Bangsa ini berasal dari Pulau Madura dan daerah sekitarnya di Jawa Timur. Empat kabupaten terdiri dari Pulau Madura: Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Suku Madura terkenal dengan olahan sate yang sudah diakui secara global. Selain itu, suku Madura terkenal dengan bahasanya yang berbeda. Kosa kata berubah tergantung pada orang yang berbicara, hampir sama dengan Jawa. Dialek Madura, seperti Mandarin, digunakan oleh orang Madura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya