Ini Pentingnya Berbagi Kebaikan saat Menjelang Ramadhan

Ilustrasi berbagi.
Sumber :
  • http://rumahsalam.blogspot.com

VIVA Lifestyle – Bulan suci Ramadhan adalah waktu yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan penuh berkah ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui puasa, tetapi juga untuk merasakan keindahan berbagi dengan sesama. Semangat kebersamaan dan kasih sayang semakin terasa, terutama ketika kita saling berbagi dengan orang-orang di sekitar kita.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Berbagi tidak hanya sebatas materi, tetapi juga melibatkan aspek emosional dan spiritual. Memperindah hidup dengan berbagi menjadikan Ramadhan sebagai momen untuk merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Inilah beberapa alasan mengapa indahnya berbagi semakin terasa di bulan Ramadhan. Scroll lebih lanjut ya.

1. Pemahaman akan Kesusahan Orang Lain

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Bulan Ramadhan mengajarkan kita untuk merasakan kesusahan dan lapar yang dirasakan oleh orang-orang yang kurang beruntung. Melalui puasa, kita dapat memahami betapa berharganya setiap hidangan dan tetes air yang kita nikmati setiap hari. Ini menjadi panggilan untuk berbagi dengan mereka yang tidak seberuntung kita, membuat kita lebih peka terhadap kebutuhan orang lain.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

2. Menumbuhkan Semangat Kepedulian Sosial

Berbagi menjelang bulan Ramadhan juga merupakan bentuk nyata dari semangat kepedulian sosial. Memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, baik berupa makanan, pakaian, atau dukungan emosional, adalah langkah konkret untuk menciptakan masyarakat yang peduli dan saling mendukung. Semangat kepedulian ini tidak hanya berlaku di bulan Ramadhan, tetapi dapat diterapkan sepanjang tahun.

3. Menguatkan Jaringan Sosial

Ilustrasi Berbagi

Photo :
  • ist

Berbagi juga dapat memperkuat jaringan sosial di komunitas kita. Momen berbagi menjelang buka puasa atau sahur bersama tidak hanya mengisi perut, tetapi juga membuka ruang untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan mengenal lebih dekat dengan tetangga dan teman-teman di sekitar kita. Hubungan yang terjalin melalui berbagi cenderung lebih erat dan saling mendukung.

Ramadhan, bulan penuh berkah sudah tinggal mengitung hari. Dimana setiap amalan pada bulan itu akan di balas dengan ganjaran pahala berlipat ganda. Momen ini juga yang tidak ingin dilewatkan Maybank untuk mendapatkan banyak kebaikan dengan cara berbagi dengan sesama.

Dalam momentum ini, Maybank dengan program CSR nya dan berbagi zakat kepada sesama, memberikan santunan dengan total RM1,7 Juta atau setara dengan Rp5,5 Milliar kepada keluarga kurang mampu di 11 negara termasuk Indonesia. Bantuan ini diberikan menjelang Ramadhan dengan tujuan meringankan beban sesama muslim.

"Kami berharap bantuan ini akan mampu mengurangi beban mereka yang membutuhkan di saat Ramadhan, sehingga mereka bisa berfokus pada ibadah, tak lagi memikirkan apa yang akan mereka makan nantinya," kata Deputy Chief Executive Officer Maybank Islamic Malaysia, Nor Sharizan Sulaiman, dalam keterangannya.

Menyasar 590 Keluarga di Indonesia yang mencakup Jakarta dan Aceh yang dipilih karena dua kota ini dinilai mewakili komunitas muslim terbesar di Indonesia. Sejak 2017, program ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 13 ribu keluarga di Indonesia dengan kontribusi sebesar RM2.4 Juta atau setara dengan Rp7,8 Miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya