8 Gua Misterius Paling Unik di Dunia, Keindahannya Manjakan Mata

Gua Waitomo Glowworms, Selandia Baru.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa gua paling unik dan misterius di dunia yang kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata menarik. Alam memang seperti tidak ada habis-habisnya menawarkan berbagai keindahan dan keunikan seperti surga dunia.

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Ada saja keelokan yang diberikan, baik di udara, darat, laut, dan bahkan di bawah tanah sekalipun. Untuk kamu yang menyukai travelling dan menikmati keindahan alam, maka bisa menikmati pemandangan alam yang tidak hanya pegunungan dan laut, tapi juga gua. 

Gua adalah salah satu tempat yang menawarkan sensasi misterius dan menantang. Sebab, tempat yang satu ini diselimuti dengan kegelapan, dan beberapa di antaranya mempunyai medan yang sangat ekstrem, seperti lorong, sempit, berbatu, dan lain sebagainya.

Israel-Palestina Harus Hidup Berdampingan dengan Damai, Kata Menteri Luar Negeri Selandia Baru

Walaupun demikian, gua menjadi salah satu keindahan alam yang menyimpan banyak mineral cantik di dalamnya. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran dengan gua paling unik dan misterius di dunia, simak ulasan selengkapnya yang disadur dari Far and Wide. 

1. Gua Son Doong - Provinsi Quang Bnh, Vietnam

5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia, Rawon dan Soto Betawi Peringkat Teratas

Gua Hang Son Doong, Vietnam.

Photo :
  • U-Report

Dengan lebar 656 kaki, tinggi 492 kaki, dan panjang hampir 5,6 mil, Son Doong adalah gua terbesar yang diketahui di dunia. Pertama kali ditemukan oleh seorang pria Vietnam bernama Ho Khanh pada tahun 1991.

Gua ini tidak langsung terkenal di dunia sampai sekelompok penjelajah gua Inggris menjelajahinya pada tahun 2009 dan mengungkap jaringan sekitar lebih dari 150 gua. Son Doong diciptakan hingga lima juta tahun yang lalu oleh air sungai yang mengikis batu kapur di bawah gunung.

Di dalam, formasi batu kapur yang beberapa setinggi gedung perkantoran, menjorok dari bumi, dan aliran air jernih bergabung dengan danau besar yang diwarnai dengan warna biru yang tidak wajar.

2. Gua Waitomo - Waitomo, Selandia Baru

Gua Waitomo Glowworms, Selandia Baru.

Photo :
  • U-Report

Gua Waitomo di Selandia Baru mendapatkan namanya dari kata Maori "wai," untuk air, dan "tomo," yang berarti lubang di tanah. Gua paling unik dan misterius di dunia ini terbentuk lebih dari 30 juta tahun yang lalu dan merupakan rumah bagi ribuan cacing bercahaya yang cahayanya mengubah gua utama menjadi gua peri ajaib. 

Makhluk yang disebut Arachnocampa luminosa ini unik di Selandia Baru. Gua yang sangat besar, dipenuhi dengan stalaktit, stalagmit, dan formasi batu kapur lainnya yang dipahat secara alami, dapat dilalui dengan perahu atau berjalan kaki.

Para pencari adrenalin dapat menjelajahi kompleks gua dengan berenang, merangkak melewati lorong, atau melompat dari air terjun.

3. Blue Grotto – Capri, Italia

Grotto Of The Marvels

Photo :
  • Hello Travel

Blue Grotto di Capri telah menjadi objek wisata yang populer sejak pertama kali diperkenalkan ke dunia pada tahun 1826. Terkenal, air di gua laut adalah warna aquamarine, hasil dari cara cahaya yang unik bersinar melalui lubang kecil di muka tebing. Gua ini juga memiliki sejarah yang menarik karena pernah digunakan sebagai kolam renang pribadi Kaisar Tiberius. 

Saat ini, untuk mengakses gua, pengunjung harus berbaring di dasar perahu saat tukang perahu memandu mereka melalui pintu masuk yang tingginya lebih dari tiga kaki, menarik mereka menggunakan rantai yang dipasang di dinding gua.

4. Gua Surga dan Neraka – Narlikuyu, Turki

Caves of Heaven and Hell

Photo :
  • Tangkapan Layar

Di Turki, Surga dan Neraka keduanya berada di bawah tanah. "Jurang Surga", dinamakan demikian karena keindahan dunia lain, memiliki kedalaman 229 kaki dan panjang 656 kaki, diakses melalui 452 anak tangga. Sisa-sisa Kapel Bizantium abad ke-5 terletak sejajar dengan anak tangga ke-300.

Di dekatnya, "Gorge of Hell" adalah jurang sedalam 419 kaki di mana, menurut mitos, Zeus memenjarakan monster Typhon yang bernapas api berkepala 100.

Kamu tidak dapat benar-benar "pergi ke Neraka" dengan turun ke dasar gua, tetapi kamu dapat melihat kedalamannya dari platform yang membentang 120 kaki di atas lubang.

5. Gua Postojna – Postojna, Slovenia

Gua Postojna, Slovenia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Gua ini dipenuhi dengan stalagmit yang menjulang termasuk rel keretanya sendiri yang berusia 140 tahun. Jalur kereta sepanjang dua mil meninggalkan pengunjung di awal jalan setapak, di mana pemandangannya termasuk stalagmit "Pencakar Langit" setinggi 52,5 kaki dan formasi "Brilliant" setinggi 16 kaki, yang terbuat dari batu putih mengkilap.

6. Gua Kristal – Chihuahua, Meksiko

Gua Kristal, Meksiko

Photo :
  • Tangkapan Layar

Delapan belas tahun yang lalu, dunia kristal ditemukan di bawah permukaan bumi di Tambang Naica di Meksiko Utara. Bekerja di hampir 1.000 kaki di bawah tanah, para penambang yang menggali terowongan baru menemukan sebuah ruangan yang berisi beberapa kristal alami terbesar yang pernah ditemukan, berukuran panjang hingga 36 kaki dan diameter 13 kaki, dan berat masing-masing sebanyak 55 ton. 

Kristal, yang menyerupai pedang cahaya besar, terletak pada formasi diagonal yang saling mengunci di sepanjang gua, menciptakan efek yang mempesona.

Gua ditutup untuk umum sampai pemberitahuan lebih lanjut pada akhir 2017 dan dibanjiri air untuk memungkinkan kristal terus tumbuh. Tapi ada kemungkinan gua akan terbuka untuk umum lagi di tahun-tahun mendatang.

7. Kota Bawah Tanah Derinkuyu – Derinkuyu, Turki

Pemandangan yang terlihat di dalam Derinkuyu, Turki, saat ini

Photo :
  • rarelyknown.org

Terletak di pusat Turki, Derinkuyu sesuai dengan namanya, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "sumur yang dalam." Referensi tertulis paling awal untuk Derinkuyu berasal dari 370 SM, tetapi diyakini bahwa kota bawah tanah ini sebenarnya jauh lebih tua.

Antara abad ke-7 dan ke-11, ketika penjajah Arab menyapu dataran tinggi Anatolia, orang-orang Kristen Bizantium berlindung di bawah tanah. 

Tempat tinggal keluarga, kandang hewan, tempat penyimpanan makanan, sekolah, gereja, dan bahkan makam ditiadakan batu vulkanik yang lembut dan mudah diukir.

Penghuni terakhir, orang Yunani Kapadokia, pergi pada awal 1920-an. Hari ini, pengunjung dapat menjelajahi sisa-sisa di gua paling unik dan misterius di dunia ini di kedalaman hampir 279 kaki.

8. Gua Eisriesenwelt – Werfen, Austria

Gua Eisriesenwelt

Photo :
  • Tangkapan Layar

Gua paling unik dan misterius di dunia ini bukan untuk orang yang lemah hati. Tidak hanya diakses melalui tangga zig-zag miring sepanjang 439 kaki, tetapi di dalam, suhu sering turun di bawah titik beku.

Namun, rasa sakit itu sepadan dengan keuntungannya. Dengan panjang lebih dari 26 mil, gua Eisriesenwelt adalah gua es dan batu kapur alami terbesar di dunia.

Dengan menggunakan lampu yang dibuat seperti lentera penambang tua, para tamu menjelajahi Dunia Raksasa Es, di mana formasi es besar berkilauan, memantulkan dan membiaskan cahaya lampu.

Air terjun, membeku dalam gerakan, membentuk tentakel seperti pagar yang di beberapa tempat membentang dari lantai ke langit-langit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya