5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Nuzulul Quran Selain Itikaf

Peringatan Nuzulul Quran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Nuzulul Qur'an adalah peristiwa yang amat penting dalam sejarah peradaban Islam terjadi di bulan suci Ramadhan. Nuzulul Qur'an adalah peristiwa turunnya Al-qur'an kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW pada malam ke-17 di bulan Ramadhan.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Peristiwa, Nuzulul Qur'an erat hubungannya dengan Lailatul Qadar, yaitu malam penuh kemuliaan dan berkah pada bulan Ramadhan.  Nuzulul Qur'an adalah peristiwa turunnya Al-Quran sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Pertama kali turunnya wahyu Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW saat beliau tengah berada di Gua Hira,  Surat Al Alaq (ayat 1-5).

Berlatarkan hal tersebut banyak orang-orang yang datang ke masjid untuk berItikaf berharap mendapatkan rahmat di malam Nuzulul Quran. berikut VIVA telah merangkumnya  hal-hal lain yang bisa kamu lakukan di malam saat nuzulul quran, dilansir dari Kementerian Agama Maluku Utara:

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

1.  Membaca Al Quran

Amalan malam nuzulul Qur'an yang utama adalah dengan membaca Al Quran. Nuzulul Qur'an seharusnya menjadi momen bagi umat Islam untuk semakin mendekatkan diri pada Al Qur'an.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Dari Abu Umamah Al Bahili RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Bacalah Alquran. Sesungguhnya Alquran kelak akan datang pada Hari Kiamat untuk memberikan Syafaat kepada penganutnya.” (Hadits Riwayat Muslim).

2.  Memperbanyak Doa dan Zikir kepada Allah

Memperbanyak doa pada malam Nuzulul Quran adalah upaya untuk mendekatkan diri pada Allah. Selain mendapatkan pahala, setiap doa yang dipanjatkan pada malam Nuzulul Quran akan di ijabah dan setiap Zikir akan dilipat gandakan pahalanya.

3.  Shalat Malam

Melaksanakan shalat malam merupakan amalan Nuzulul Quran yang sangat baik untuk dilaksanakan. Shalat malam adalah sebaik-baiknya salat setelah salat wajib.

Shalat malam yang dapat dikerjakan adalah sholat tahajud yang ditunaikan setelah selesai shalat tarawih dan tadarus.

Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah, shalat malam merupakan kebiasaan yang dilakukan orang saleh dan bertakwa. "Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa." (HR.Tirmidzi).

4.  Membaca doa Malam Nuzulul Quran

Dengan membaca doa malam Nuzulul Quran, kita berharap agar Allah SWT memberikan rahmatnya berupa kemuliaan kemuliaan Al Quran, berikut doa malam Nuzulul Quran:

Latin: Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa'fu 'anni

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha pemaaf dan engkau menyukai ampunan maka ampunilah aku.

Latin : Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur'an.

Artinya: “ Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al Qur'an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Alquran selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran."

5. Bersholawat kepada Nabi Muhammad

Sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran yang berbunyi:

innallaha wa malaikatahu yusholluna alan nabi ya ayyuhalladzina amanu shollu alaihi wasallimu taslima.” (Qs Al Baqarah)

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman. Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

 

 

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Indonesian Economy Grows 5,11 Percent in Q1 2024

Indonesian economic growth in the first quarter of 2024 recorded a 5.11 percent year-on-year (yoy) increase.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024