3 Tips Memilih Toko Online, Nomor Satu Penting Banget!

Ilustrasi belanja online.
Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Livemint

VIVA – Belanja online, saat ini sudah menjadi sebuah tren yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Banyak hal yang bisa dibeli di online shop atau toko online, mulai dari barang-barang elektronik, pakaian, hingga makanan.

Semakin hari, toko yang ada di media sosial, aplikasi atau web semakin menjamur. Seluruh toko yang ada menawarkan banyak barang-barang sesuai kebutuhan. 

Namun, sebagai konsumen, sebaiknya harus memerhatikan kualitas toko online yang menyediakan barang yang dibutuhkan. Hal itu dimaksudkan agar konsumen tidak menyesal ketika telah melakukan transaksi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa tips memilih toko online yang berkualitas.

1. Perhatikan review pembeli
Sebelum memberi barang yang dibutuhkan, ada baiknya memerhatikan review dari pembeli sebelumnya. Hal itu bisa menjadi pertimbangan mengenai toko online yang dituju, berkualitas atau tidak, atau apakah toko online itu mampu memberi barang sesuai dengan deskripsi dan gambar atau tidak.

Ilustrasi belanja online

Ilustrasi belanja online

Photo :
  • Kredivo

2. Lakukan chat dengan penjual
Untuk lebih memastikan kualitas barang dan toko yang dituju, ada baiknya konsumen melakukan komunikasi melalui chat dengan pihak penjual atau pihak penyedia kebutuhan yang diperlukan. Saat melakukan komunikasi, ajukan pertanyaan yang dapat menambah rasa yakin dan percaya.

3. Perhatikan rekomendasi orang terdekat
Keluarga atau teman biasanya memberi saran atau masukan untuk membeli barang di sebuah toko online. Mereka memberi saran karena biasanya sudah membeli barang atau keperluan terlebih dahulu di toko online yang dimaksud. Cobalah untuk mempertimbangkan saran tersebut.