10 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Tentang Makhluk Mitos

Ilustrasi putri duyung.
Ilustrasi putri duyung.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Makhluk mitos berakar kuat dalam sebuah cerita rakyat dan mitologi, dan banyak yang menjadi inspirasi untuk beberapa genre film baik film blockbuster dan film animasi favorit. 

Hal itulah yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang menyukai makhluk-makhluk mitos atau fantasy fiction. Pasalnya, mereka memiliki cerita dan bentuk yang menarik perhatian kita. 

Tak sedikit yang tahu tentang bagaimana wujud mereka, cara interaksi dengan manusia, hingga kehidupan dalam dunia ini menarik perhatian manusia. Oleh karena itu, seperti yang dijelaskan di atas, beberapa makhluk mitos ini kerap dijadikan bahan untuk pembuatan sebuah film.

Kendati demian terdapat banyak aspek dari sejarah makhluk-makhluk ini dikenal, dan beberapa lainnya kurang begitu.  Dalam daftar ini hanya beberapa fakta yang kurang diketahui tentang makhluk mitologis. Kira-kira apa saja?
7. Air mata putri duyung

Ilustrasi putri duyung.

Ilustrasi putri duyung.

Photo :
  • Website/Philippine Mermaid Swimming Academy

Putri duyung awalnya dianggap setengah wanita, setengah burung, tetapi bagian burung ditukar dengan setengah ikan setelah perselisihan dengan Muses. Gambar putri duyung dilukis selama Zaman Batu sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Selama berabad-abad, mereka dikaitkan dengan kemalangan dan kematian, terutama bagi para pelaut yang menerjang laut lepas. Mereka yang menginginkan perlindungan ekstra akan membawa batu permata aquamarine seperti yang dikatakan bahwa aquamarine terbuat dari air mata putri duyung dan akan melindungi pelaut selama perjalanan.

Salah satu legenda putri duyung paling awal lahir di Suriah dan berpusat di sekitar dewi kesuburan, Atargatis. Sering digambarkan dalam bentuk putri duyung, Atargatis dianggap oleh banyak orang sebagai putri duyung "asli".Selama abad pertengahan, ratusan laporan penampakan putri duyung mengakibatkan keberadaan putri duyung diterima sebagai fakta bagi banyak orang.