5 Alasan Kenapa Benua Afrika Masih Miskin Hingga Kini

Jalan rusak akibat banjir bandang di Durban, Afrika Selatan.
Sumber :
  • AP Photo/Str

VIVA – Afrika, jika kamu mendengar nama ini pasti kamu akan tertuju ke daratan Benua terpadat dan terbesar ke-2 di dunia ini. Menurut Population Review benua seluas 30,37 juta km ini dihuni 1,4 miliar jiwa.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Benua ini juga menampung berbagai etnis dan beragam budaya di dalamnya. Benua ini juga memiliki kekayaan minyak dan sumber daya alam menempatkan benua ini pada posisi strategis, akan tetapi pengelolaannya yang buruk seringkali menimbulkan masalah.

Lalu bagaimana bisa benua Afrika yang dikenal sebagai benua terkaya di dunia ini masih dinobatkan sebagai negara termiskin? Apa saja penyebabnya?

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Berikut VIVA telah merangkum 5 alasan kenapa benua Afrika masih miskin hingga saat ini. Dilansir dari Data Fakta

1. Kualitas sumber daya manusia

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Somalia war

Photo :

Jumlah anak yang melakukan Pendidikan dasar terhitung jarang di Afrika. Penduduk Afrika juga tidak menyadari pentingnya Pendidikan sehingga mereka lebih baik mempekerjakan anak-anak mereka untuk membantu perekonomian keluarga.

2. Kepercayaan dan ideologi

Hal ini didasari masih banyaknya orang afrika yang berfikir untuk hidup santai serta tidak membuat rencana apapun untuk masa depan mereka. Mereka beranggapan hal itulah satu-satunya cara terbaik untuk menikmati hidup.

3. Infrastruktur yang kurang memadai

Menurut para peneliti di Overseas Development Institute, kurangnya infrastruktur di Afrika menjadi Batasan paling signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan pencapaian tujuan pemerintah. Infrastruktur dan pemeliharaannya bisa menjadi sangat malah, terlebih di negara yang didominasi daratan dan daerah pedesaan yang jarang dihuni penduduk.

4. Dampak kolonialisme masa lalu

Pembangunan Afrika dihambat oleh pemerintahan kolonial, tujuan utama pemerintahan kolonial di Afrika adalah untuk mengeksploitasi kekayaan alam di benua Afrika dengan biaya rendah. Beberapa penulis seperti Walter Rodney dalam bukunya How Europe Underdeveloped Africa berpendapat bahwa kebijakan kolonial ini secara langsung bertanggung jawab untuk banyak masalah pada Afrika modern.

5. Konflik

Bom mobil bunuh diri di Somalia menewaskan 20 orang

Photo :
  • ANTARA

Afrika dikenal sebagai negara yang rawan terjadi konflik seperti di Sudan Selatan, Somalia, Zimbabwe, Chad dan Kongo. Pemerintah Somalia bahkan tidak memiliki otoritas atas Sebagian besar wilayahnya, maka dari itu Somalia disebut sebagai negara gagal. Perang saudara di Kongo dan Sudan Selatan telah membuat hidup warganya berada di bawah garis kemiskinan.

Perang dan ketidakstabilan politik adalah resep paling mujarab untuk menghancurkan ekonomi sebuah negara terlepas dari bagaimana sejarah masa lalu negara tersebut sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya