Negara Kaya, Ini 10 Fakta Unik Brunei Darussalam Jarang Diungkit

Sultan Brunei
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Fakta unik Brunei Darussalam, negara kecil satu ini bernama Brunei merupakan negara tetangga Indonesia dan berada di bagian utara pulau Kalimantan. Brunei menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkaya dan sukses di Asia Tenggara.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Semua hal itu disebabkan karena brunei memiliki cadangan minyak dan gas alam yang melimpah dan itu menjadi sumber utama kekayaannya. Banyak fakta menarik yang terkait dengan bangsa serumpun ini, Viva merujuk pada lama WorldAtlas membagikan fakta-fakta menarik sebagai berikut:

10. Brunei Memiliki Istana Terbesar Di Dunia

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Istana Nurul Iman adalah kediaman resmi Sultan Brunei. Ini juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan negara. Istana ini terletak di lanskap yang indah di tepi Sungai Brunei

Istana ini memiliki 1.788 kamar, 257 kamar mandi, masjid, garasi dengan ruang untuk 110 mobil, 5 kolam renang, ruang perjamuan besar, dan banyak lagi. Total luas lantai istana adalah sekitar 2.152.782 kaki persegi yang menjadikannya istana tempat tinggal terbesar di dunia menurut Guinness World Records.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

9. Brunei Memiliki Permukiman Di Atas Sungai

Sering dijuluki sebagai "Venesia dari Timur", Kampong Ayer adalah pemukiman bersejarah di Sungai Brunei saat mengalir melewati kota Bandar Seri Begawan. Yang paling menarik dari pemukiman ini adalah dibangun di atas sungai dan memiliki rumah dan bangunan lain yang ditopang oleh panggung yang berdiri di atas air.

Bangunan-bangunan di sini saling berhubungan dengan jalan setapak dan jembatan yang menciptakan pemukiman yang berdekatan. Ini adalah tujuan wisata utama di negara ini.

8. Brunei Negara Asia Pertama Yang Melarang Pemotongan Sirip Hiu

Penyiripan hiu adalah praktik yang kejam dan merugikan kelangsungan hidup banyak spesies hiu. Pada Juni 2013, Brunei menjadi negara Asia pertama yang melarang pemotongan sirip hiu.

Itu adalah langkah yang dipuji oleh organisasi konservasi di seluruh dunia. Menurut larangan ini, tidak ada spesies hiu yang bisa ditangkap atau didaratkan di perairan Brunei Darussalam. Penjualan, impor, dan perdagangan produk hiu apa pun juga dikriminalisasi di negara ini.

7. Taman Hiburan Terbesar Dan Termahal di Asia Tenggara Ada Di Brunei

Taman Jerudong adalah sebuah taman hiburan di Brunei yang didirikan pada tahun 1994. Terletak di Jerudong di Distrik Brunei-Muara negara itu. Sebuah kekalahan $ 1 miliar dihabiskan dalam pembangunan dan itu didanai oleh pemerintah negara itu. Taman ini dianggap sebagai taman terbesar dan termahal di Asia Tenggara.

6. Brunei Memiliki Beberapa Masjid Paling Indah dan Megah Di Dunia

Masjid-masjid di Brunei terkenal dengan keindahan dan keanggunannya. Unsur tradisional dan futuristik berpadu sempurna dalam arsitektur masjid-masjid ini.

Misalnya, Masjid Omar Ali Saifuddien menggunakan campuran unsur Mughal dan Melayu dalam desainnya. Ini memiliki karpet dari Arab Saudi dan lampu gantung dari Inggris. Masjid Ash-Shaliheen di Brunei terlihat seperti masjid di Marrakesh, Maroko. Negara ini juga memiliki masjid yang berdiri di atas sungai.

5. Sultan Brunei Adalah Raja Pemegang Takhta Terlama Kedua di Dunia Saat Ini

Hassanal Bolkiah, raja Brunei yang berkuasa saat ini, naik takhta pada 5 Oktober 1967. Dengan lebih dari 50 tahun pemerintahan, dia adalah raja terlama kedua di dunia saat ini setelah Ratu Elizabeth II dari Inggris.

4. Hutan Hujan Brunei Adalah Rumah Bagi Beberapa Spesies Satwa Liar Terlangka di Dunia

Meskipun hanya negara kecil, Brunei telah berhasil melestarikan 70% hutan hujannya meskipun ada tekanan pembangunan. Hutan-hutan ini adalah rumah bagi beberapa spesies flora dan fauna yang paling terancam. Macan dahan Sunda, bekantan, rangkong, kadal terbang, buaya air asin, dll., adalah beberapa spesies satwa liar paling terkenal di negara ini.

3. Brunei Memiliki Monumen Merayakan Miliar Barel Minyak Yang Diproduksi

Minyak sangat penting bagi perekonomian Brunei. Produksi minyak mentah dan gas alam menyumbang 90% dari perekonomian negara. Ladang minyak darat di Seria di Brunei adalah salah satu ladang minyak paling penting di negara itu.

Pada tahun 1991, sebuah monumen yang disebut Monumen Miliar Barel dibangun untuk merayakan produksi barel minyak miliaran di ladang minyak Seria.

2. Arti Nama Brunei

Menurut historiografi setempat, saat pertama kali mendarat di Brunei, Awang Alak Betatar, pria yang kemudian mendirikan Kesultanan Brunei, berseru: “Baru nah” yang artinya “sudahlah!” Nama Brunei berasal dari dua kata ini.

Setelah mendirikan dinastinya di Brunei, Betatar berganti nama menjadi Sultan Muhammad Shah. Namun, nama lengkap negara itu adalah Negara Brunei Darussalam. Di sini negara berarti "negara" dan darussalam berarti " tempat tinggal yang damai”.

1. Brunei Merupakan Monarki Mutlak

Sultan Brunei adalah raja mutlak bangsa. Ia menjabat sebagai Perdana Menteri, Menteri Pertahanan, dan Menteri Keuangan negara tersebut. Dia memiliki otoritas eksekutif penuh dan juga kepala negara.

Meskipun Brunei memang memiliki parlemen, tidak ada pemilihan umum yang diadakan dalam beberapa dekade terakhir. Sistem hukum negara ini didasarkan pada hukum umum Inggris dan hukum Syariah Islam. Seringkali, yang terakhir menggantikan yang pertama dalam banyak kasus kritis.

Nah, Itu fakta-fakat menarik tentang Brunei yang dapat Viva berikan ke kamu, semoga bermanfaat ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya