9 Fakta Mencengangkan Bangladesh, Negara Terpadat Ke-8 di Dunia

Kemiskinan yang menjerat di Bangladesh/Ilustrasi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Bangladesh merupakan salah satu negara terpadat di dunia dan juga merupakan negara yang kerap disalahpahami dan tidak menerima banyak turis ke negaranya. Akibatnya, kebanyakan orang tidak dapat menyebutkan fakta apa pun tentang Bangladesh tanpa meluangkan waktu untuk meneliti langsung ke sana.

Indonesia Becomes the World's Most Positive Country

Misalnya, tahukah Anda bahwa ibu kotanya, Dhaka, adalah salah satu kota terpadat di dunia? Atau bahwa Bangladesh adalah negara dataran rendah yang sering kebanjiran? Atau masih ada harimau di rawa-rawanya? 

Saya yakin Anda tidak melakukannya! Ada banyak fakta Bangladesh yang tidak diketahui kebanyakan orang. Ini dikutip dari onceinalifetimejourney dan beberapa sumber lainnya.

Terungkap! 7 Negara Ini Punya Paspor "Terlemah" di Dunia, Sering Ditolak Masuk Negara Lain!

Seperti halnya negara Asia Selatan yang luar biasa ini begitu dipenuhi dengan banyak saluran air dan tanaman hijau subur. Datarannya yang subur, termasuk Meghna, Padma, dan Jamuna, dan delta sungai yang terkenal menghiasi lanskapnya. 

Ada banyak fakta menarik tentang Bangladesh, lalu apa yang membuat negara ini begitu menonjol? Mulai dari budaya, geografi, sumber daya alam, dan sejarahnya, negara dengan profil yang beragam ini,  akan kami beritahu sederet fakta mencengangkan Bangladesh yang menarik untuk Anda ketahui.

Tinggal Lama di Lampung Secara Ilegal, WNA Asal Bangladesh Terancam 5 Tahun Bui

Lawachara Bangladesh

Photo :
  • Wikipedia

Bangladesh Miliki Bahasanya Sendiri

Sejarah Bangladesh mencakup banyak pengorbanan heroik untuk melestarikan bahasa asli kami. Pada 21 Februari 1952, banyak warga pemberani berjuang untuk menetapkan "Bangla" sebagai bahasa resmi Bangladesh. Mereka mengangkat suara mereka menentang keputusan yang tidak adil untuk menjadikan "Urdu" sebagai bahasa resmi negara kita. Akibatnya,  UNESCO menyatakan 21 Februari sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional pada 17 November 1999.  Oleh karena itu, hari ini sekarang secara resmi dirayakan di seluruh dunia pada 21 Februari 2000.

Pada hari ini warga kami bangun sangat pagi. Mereka berjalan tanpa alas kaki ke Shaheed Minar untuk meletakkan bunga di tangganya. Mereka kemudian akan berdiri diam selama beberapa saat untuk menunjukkan cinta dan rasa hormat mereka terhadap tanah air.

Bangladesh Punya 3 Situs Warisan Dunia yang Menakjubkan

Daya tarik lain yang terkenal di Bangladesh adalah Masjid Enam Puluh Kubah . Itu dinyatakan sebagai  Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1985. Ini adalah masjid terbesar dari periode Kesultanan di Bangladesh.

Pendirinya adalah Khan Al-Azam Ulugh Khan Jahan, yang juga dikenal hanya sebagai Khan Jahan Ali. Dia adalah orang suci Sufi yang terkenal serta penguasa bagian selatan Bangladesh – Khalifatabad (Bagerhat sekarang). Khan Jahan Ali membuka hutan lebat di daerah Sundarbans untuk pemukiman penduduk. Dia juga membangun banyak masjid, madrasah, jalan, jembatan, dan digihis (kolam besar) di Bagerhat, Khulna, dan Jessore.

 Bangladesh Punya Sungai Tercepat kedua di Dunia

Ketika datang ke alam – Bangladesh memiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Hutan, sungai, gunung, binatang, pantai dan banyak lainnya. Faktanya, Bangladesh memiliki sungai tercepat kedua di dunia, setelah Amazon. Namanya adalah "Padma."   Ada juga lebih dari 700 sungai yang terletak di Bangladesh. Padma, Jamuna, Meghna adalah beberapa yang paling indah.

Lalu Lintasnya Gila

Saya telah tinggal di Singapura selama bertahun-tahun, dan kata lalu lintas di sini tidak ada artinya. Pada hari yang buruk, katakanlah Jumat malam jam 7 malam, Anda mungkin terjebak macet selama 10 menit, dan kami menyebutnya lalu lintas. 

Lalu lintas di ibu kota Asia mengambil sifat lain. Di Manila, saya membutuhkan waktu 30 hingga 45 menit untuk berkendara satu kilometer ke kantor. Anda seharusnya berjalan, Anda bisa mengatakan, tetapi dalam setelan jas, dengan tas laptop dan dalam cuaca 35 derajat, kelembaban 80%, saya lebih suka menunggu 30 menit di taksi ber-AC daripada tiba di kantor klien dengan keringat. 

Jadi kami terbiasa dengan perjalanan 30 menit setiap hari, bahkan jika kami benar-benar pergi ke tikungan. Lalu lintas juga bisa sangat buruk di India . Legendaris dan bisa diduga buruk. Sapi berbagi jalan dengan becak, sepeda, orang, pengemis, dan banyak mobil. Tapi itu juga bisa tidak ada, di jam-jam sepi yang rendah hari itu.

Sedangkan, untuk lalu lintas yang buruk telah menjadi salah satu hal yang terkenal di Dhaka.  Fakta hidup dan hasil ledakan populasi yang meluas, tidak mungkin dihindari, ditambah dengan pejabat korup yang menggunakan investasi yang dimaksudkan untuk infrastruktur. Angkutan umum adawwlah istilah yang tidak asing lagi. 

Lebih buruk lagi, praktis tidak ada lampu lalu lintas di Dhaka, lampu lalu lintas yang dulu tidak berfungsi lagi, atau tidak dihormati, dan aturan rimba berlaku di sini, semua orang untuk diri mereka sendiri. 

Orang kaya memiliki mobil besar yang nyaman, pengemudi, dan sirene, yang mereka mainkan tanpa henti untuk mencoba melewati lalu lintas. Hiruk-pikuk suara dan ketulian sebagian besar penduduk setempat memberi nilai kecil pada lampu rengekan ini. Ambulans akan bertemu dengan ketidakpasifan yang sama. 

Kota ini memiliki jalan yang minim, jauh lebih sedikit daripada yang dibutuhkan untuk kota sebesar ini, dan lebih banyak mobil dari yang seharusnya, hampir semuanya ditempati oleh seorang pengusaha dan sopirnya. Hal ini menghasilkan kecepatan lalu lintas rata-rata hanya 7km/jam dan 3,5 juta jam kerja terbuang setiap hari untuk lalu lintas menurut studi Bank Dunia

Tidak ada tempat lain yang menyebutkan kata kemacetan lalu lintas lebih benar daripada di Dhaka dan itu akan membuat siapa pun yang berkunjung merasa ngeri .

Kota Paling Tidak Layak Dihuni

Ukuran Dhaka, polusi, lalu lintas, dan kepadatan penduduk membuat pengunjung merasa seolah-olah itu adalah serangan terhadap segala hal. Anda terus-menerus distimulasi dengan suara keras, warna-warna cerah dan bau yang kuat. Saat Anda keluar dari mobil, asap lalu lintas akan mengenai wajah Anda.

Kemiskinan Tinggi tapi Meningkat Tinggi 

Ekonomi Bangladesh telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir pada tingkat yang jauh di atas 5% tahunan membantu mengangkat persentase yang signifikan dari populasi dari kemiskinan.

Akibatnya, persentase penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan (yaitu dengan penghasilan kurang dari $1,90 per hari) menurun drastis dari hampir 50% pada tahun 2000 menjadi seperempat populasi pada tahun 2018. 

Orang Bangladesh Sangaltah Kurus

Mungkin terkait dengan semua fakta Bangladesh di atas, diharapkan negara ini memiliki tingkat obesitas terendah kedua di dunia setelah Vietnam dengan kurang dari 5% populasi menderita obesitas. 

Ini terlepas dari fakta bahwa makanan Bangladesh mengandung banyak karbohidrat dan mencakup banyak makanan yang digoreng seperti ikan goreng, makanan ringan seperti samosa atau biryani. Penduduk setempat tetap sehat dengan banyak berjalan kaki dan hampir 65% penduduk tinggal di pedesaan dengan gaya hidup berbasis pertanian dan membutuhkan banyak pekerjaan fisik.

Dhaka adalah Kota Terpadat di Dunia

Sayangnya, ini bukan fakta positif Bangladesh, tetapi fakta yang membantu kita memahami kenyataan di lapangan. Bangladesh adalah negara yang sangat padat penduduknya hampir 160 juta ( 8 terbesar di dunia ) yang tinggal di daerah seukuran Pennsylvania. 

Ibu kota Dhaka adalah kota terbesar ke -5 di dunia, tetapi menurut Forum Ekonomi Dunia, kota ini adalah yang paling padat penduduknya , dengan 44.500 orang per kilometer persegi. Tapi itu adalah fakta Bangladesh yang tidak berguna kecuali sepenuhnya dipahami.

Sebagai gambaran, kepadatan Dhaka adalah 10 kali lipat dari Madrid, dan empat kali lebih tinggi dari kota ke-9 di peringkat yang sama, Singapura tempat saya tinggal, tetapi saya dapat memberitahu Anda bahwa perasaan itu 100 kali lebih kuat di Dhaka. 

Itu karena setelah jumlah kepadatan tinggi uber di Dhaka, kota-kota lain dalam daftar adalah pengikut jauh dan pada tanggal 10 jumlahnya telah turun di bawah 10.000 orang per kilometer persegi.  Fakta Bangladesh ini adalah salah satu alasan mengapa setiap pengunjung ke negara itu merasa kewalahan sejak mereka tiba.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya